Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Kediri bersama Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar tasyakuran bersama sebagai apresiasi atas ditekennya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

"Kami tentu berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah menekan Perpes dana abadi pondok pesantren sebagaimana tertuang dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2021," kata Ketua DPC PKB Kota Kediri KH O'ing Abdul Muid di Kediri, Selasa.

Gus Muid, sapaan akrab KH O'ing Abdul Muid,  mengatakan dengan ditandatanganinya Perpres tersebut menunjukkan bahwa negara hadir dan mengakui peran pondok pesantren sebagai salah satu elemen bangsa, karena selama ini pondok pesantren terus berjuang memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan keagamaan.

"Dengan Perpres tersebut tentunya akan semakin mengokohkan peran pondok di tengah kondisi pandemi COVID-19," kata pria yang juga pengasuh Pondok Pesantren Assalamah Lirboyo, Kota Kediri ini.

Ia juga sangat berterima kasih kepada pemerintah terutama kepada Presiden Jokowi yang telah meneken Perpres tersebut. 

Sementara itu, Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PCNU Kota Kediri Agus Ahmad Syakir menyambut baik dengan terbitnya Perpes tersebut.

"Tentu dengan terbitnya Perpres tersebut, segera kami sosialisasikan kepada pondok pesantren yang ada di bawah jaringan RMI Kota Kediri, terutama terkait dengan pasal yang mengatur dana abadi pesantren," kata Gus Syakir yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al Amin Ngasinan Kota Kediri tersebut. 

Lebih lanjut, Gus Syakir mengatakan bahwa pihaknya juga sangat berterima kasih atas pengakuan negara terhadap pondok pesantren, terutama dengan adanya Perpres ini akan semakin membuat ruang gerak pondok pesantren semakin luas.

Dengan Perpres ini pesantren semakin diakui eksistensinya oleh pemerintah.

"Dengan terbitnya Perpres ini, pondok pesantren semakin diakui peran dan eksistensinya oleh negara. Oleh karena itu kami sangat berterima kasih sekali kepada Presiden Jokowi," kata Gus Syakir.

Kegiatan syukuran itu digelar di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Kota Kediri. Hadir dalam acara itu, jajaran DPC PKB Kota Kediri dan pengurus RMI Kota Kediri. Acara tetap digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021