Sebanyak 550 kantong darah menjadi target aksi yang didedikasikan TNI AL Koarmada II untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengatasi minimnya stok darah imbas dari pandemi virus corona (COVID-19).

Untuk itu, digelar kegiatan donor darah dalam rangkaian kegiatan HUT ke-76 TNI AL yang dilaksanakan di Indoor Sport dan Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmada II, Surabaya, Rabu.

"Dengan menggandeng PMI Surabaya, Koarmada II mengerahkan seluruh prajurit pria dan wanita untuk berpartisipasi dalam donor darah, sekaligus sebagai bentuk kepedulian prajurit TNI AL terhadap keselamatan jiwa sesama manusia," kata Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto saat meninjau kegiatan donor darah tersebut.

Selain prajurit, anggota PNS dan anggota Jalasenastri DJA II juga tampak ikut ambil bagian dalam donor darah yang bertemakan “Setetes Darah Menyelamatkan Jiwa Manusia”.

Dalam kesempatan itu, masih sebagai rangkaian kegiatan HUT ke-76 TNI, Panglima Koarmada II juga memberikan tali asih kepada para purnawirawan dan Warakawuri.

"TNI AL melalui Koarmada II menaruh perhatian dan kepedulian terhadap kehidupan purnawirawan dan Warakawuri TNI AL, yang diwujudkan dalam agenda Bakti Sosial Pemberian Tali Asih," ujarnya.

Laksda Iwan menandaskan, kaum lansia juga turut menjadi bagian kepedulian TNI AL Koarmada II melalui kunjungan sosial ke Panti Wreda Hargo Dedali di Jl. Manyar Kartika IX No. 22-24 Surabaya. 

"Dengan kunjungan prajurit Koarmada II, diharapkan membuat lansia disana Bahagia dan dapat membantu secara material untuk kebutuhan Panti Wreda Hargo Dedali, “ ucanya.

Hari ini, Koarmada II juga melaksanakan Serbuan Vaksinasi tahap ke-2 bagi masyarakat maritim di Pulau Bawean yang digelar sampai besok, 9 September. 

"Selain itu, besok Koarmada II akan melaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan TMP Kusuma Bangsa Surabaya, sebagai wujud penghormatan Angkatan Laut terhadap  jasa-jasa para pahlawan,“ ujar Laskda Iwan.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021