Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengungkapkan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat mendekati angka 31 persen dari total target sasaran sebanyak 31,6 juta orang.

"Vaksinasi di Jatim sudah mendekati 31 persen dari target 31,6 juta. Sementara droping vaksin juga sudah tiba di Dinas Kesehatan kurang lebih ada 2,1 juta," kata Kapolda Jatim saat meninjau pelaksanaan vaksinasi layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu.

Pada kesempatan tersebut Irjen Nico mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi lantatur yang digelar Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Jadi vaksknasi drive thru ini luar biasa untuk di wilayah Polres Tanjung Perak Surabaya karena banyak sekali peminatnya," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta di sela peninjauan vaksinasi.

Jenderal bintang dua itu menyebut vaksinasi lantatur sengaja dilakukan guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksin serta mendukung program pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok di Jatim.

"Kegiatan vaksinasi ini peserta bisa menunggu antrean di dalam mobil, dan tidak perlu harus kepanasan. Sedangkan untuk pengendara motor juga bisa langsung mengikuti vaksinasi tidak perlu turun dari motornya, karena petugas vaksinator akan menghampiri peserta vaksin di kendaraannya masing-masing," ucapnya.

Diungkapkannya, pada hari ini 39 Polres di jajaran Polda Jatim melaksanakan vaksinasi sebanyak 26.250 dosis. Khusus untuk di Polres Tanjung Perak ini disiapkan sebanyak 2.400 dosis yang ditujukan pada masyarakat sekitar mapolres atau masyarakat yang sudah mendaftar.

"Tadi kami melakukan pengecekan, yang naik roda dua, maupun roda empat, rata-rata mereka melakukan vaksin yang kedua, dan mereka mengetahui kegiatan ini dari media sosial maupun dari perusahaan-perusahaan," katanya.

Kapolda Jatim meminta pada masyarakat yang melaksanakan vaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Menurutnya, meski Surabaya Raya yakni Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya sudah turun ke level dua masyarakat agar tidak terlena dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Jadi, tolong dipertahankan disiplinnya, tetap jaga kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, itu menjadi bagian penting," katanya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021