Seorang siswa berprestasi dari SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mendapatkan beasiswa pendidikan dari Perkumpulan Alkhirrijun Caruban Raya (ACR).

Beasiswa diserahkan oleh Ketua ACR Iman Supriyono kepada Reyhan Deril Firmansyah, siswa jurusan IPA, warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun.

Ketua ACR Iman Supriyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa dana beasiswa yang diberikan bersifat abadi bagi penerimanya. 

"Beasiswa tidak diberikan secara langsung keseluruhan, namun dilakukan berkala supaya beasiswa terus berjalan. Bukan hanya sekali pemberian," ujar Iman Supriyono saat pemberian beasiswa di ruang guru SMAN 1 Mejayan, Madiun, Jumat (3/9/2021).

Ia menjelaskan kriteria penerima beasiswa ACR adalah siswa berprestasi, aktivis, taat dalam beragama, dan kurang mampu.
 
Namun, organisasi tidak mengekspos kondisi ekonomi penerima beasiswa dengan tujuan penerima bisa hidup percaya diri tanpa memikirkan kondisi ekonominya.

Iman Supriyono juga berharap 10 hingga 100 tahun yang akan datang ACR ini bisa berkembang lebih maju dan memberi lebih banyak manfaat kepada siswa-siswi berprestasi yang memiliki keterbatasan ekonomi di daerah Caruban Raya, Kabupaten Madiun. 

"Awalnya beasiswa ini diberikan untuk siswa/siswi daerah Caruban. Karena sifat dana akumulasinya terus bertambah, maka suatu saat nanti bantuan beasiswa akan keluar dari daerah Caruban," kata CEO SNF Consulting tersebut.

Kepala SMA Negeri 1 Mejayan Agus Supriyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada ACR dan Care With Love atas beasiswa yang diberikan kepada siswanya.

"Terima kasih tak terhingga atas beasiswa yang diberikan kepada siswa kami. Kami berharap ke depan ACR dapat memberikan lebih banyak  beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi yang memiliki keterbatasan ekonomi sehingga mereka tetap dapat melanjutkan sekolah dan belajar dengan baik," kata Agus. 

Usai acara bersilaturahmi ke SMAN 1 Mejayan, para pengurus ACR melanjutkan audensi dengan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto. Wabup Hari mengapresiasi upaya ACR dalam memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi yang kurang mampu di Kabupaten Madiun. Hal itu tentu bermanfaat bagi siswa bersangkutan dan keluarga.

Adapun, perkumpulan atau komunitas ACR didirikan berdasarkan kepedulian teman-teman organisasi atas sulitnya perekonomian hidup bagi beberapa siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Nama Alkhirrijun diambil dari bahasa Arab, yang artinya alumni.

Acara pemberian beasiswa tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan mengundang perwakilan guru, sejumlah alumni SMAN 1 Mejayan, dan anggota ACR.

Selain dilaksanakan secara tatap muka, acara penyerahan beasiswa juga dilakukan secara virtual dan diikuti sejumlah alumni SMAN 1 Mejayan yang berada di luar wilayah Madiun.

Sesuai data, selain berprestasi di bidang akademik, penerima beasiswa Reyhan Deril Firmansyah juga menjabat sebagai Sekretaris Pramuka SMAN 1 Mejayan, awarde 2019-2020 Cendekia Membumi, dan anggota tim konten kreator Cendekia Membumi. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021