Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Tunggal Panaluan 1994 menggelar bakti sosial dan vaksinasi yang menyasar 5.000 masyarakat di Dyandra Convention Center Surabaya, Rabu, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76.

"Pada kegiatan vaksinasi ini ada sebanyak 5.000 vaksin jenis Sinovac disiapkan untuk masyarakat Surabaya, baik untuk dosis 1 maupun dosis 2," kata Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Brigjen Slamet mengungkapkan kegiatan baksos dan vaksinasi oleh Akpol 94 ini serentak digelar di 33 Polda di seluruh Indonesia yang juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui video conference.

Jenderal bintang satu itu mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya kepolisian dalam rangka membantu pemerintah mewujudkan kekebalan kelompok di Jawa Timur.

"Mudah-mudahan ini bisa membawa Jawa Timur khususnya masyarakat bisa tervaksin. 5.000 vaksin ini menyasar pedagang kaki lima, para pengurus masjid, karyawan pasar, dan sisanya untuk masyarakat umum," ujarnya.

Dalam kegiatan vaksinasi ini melayani 25 persen masyarakat yang baru melakukan vaksin pertama, dan 75 persen untuk masyarakat yang melaksanakan vaksinasi kedua.

"Mudah-mudahan dengan bakti sosial yang dilaksanakan oleh rekan-rekan dari Akpol angkatan 94 ini betul-betul bisa berikhtiar membawa masyarakat Jatim terjadi kekebalan komunal, dan terhindar dari COVID-19," ucapnya.

Usai melakukan vaksinasi, 3.000 masyarakat pendaftar mendapatkan voucher belanja sebesar Rp100 ribu, sebagai bentuk perhatian kepolisian kepada masyarakat khususnya yang terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Tentunya ini adalah rasa tanggung jawab moral dari angkatan 94 untuk mengingatkan dampak dari COVID-19 cukup dirasakan oleh masyarakat. Ya, mudah-mudahan dengan memberikan voucher senilai Rp100 ribu ini bisa meringankan beban masyarakat," katanya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021