Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth, Australia, menggelar Bazaar Merdeka yang salah satu kegiatannya menggalang bantuan kemanusiaan untuk percepatan penanganan virus corona (COVID-19) di Indonesia.  

Konsul Jenderal Republik Indonesia Perth Dewi Gustina Tobing menekankan setiap elemen bangsa perlu memperkuat semangat kebangsaan, kekeluargaan dan empati kemanusiaan di antara anak bangsa Indonesia di masa prihatin ini, terlebih di tanah rantau seperti Australia Barat. 

"Kegiatan bazaar ini mencerminkan semangat tersebut," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Kegiatan yang digagas Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Perth itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke- 76 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Bazaar untuk kemanusiaan ini dapat diibaratkan sebagai titik-titik air yang apabila terus digelorakan akan menjadi arus besar untuk mendorong kemajuan bangsa dan negara Indonesia," ujar Ketua DWP KJRI Perth Novita Avalist.

Kegiatan Bazaar menyuguhkan beragam kedai yang menyajikan kuliner Nusantara, diselingi aneka perlombaan, antara lain kontes tumpeng mini, lomba pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945, yang ditujukan untuk membangkitkan semangat patriotisme dan kecintaan pada Tanah Air. 

Dalam kegiatan ini warga Indonesia bersama masyarakat  Australia Barat berbaur bersuka cita seraya menikmati berbagai hidangan khas indonesia dengan berbagai penampilan tarian dan peragaan busana daerah. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021