Anggota DPR RI M. Sarmuji mengapresiasi kinerja Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang dinilainya telah berhasil mengoordinasikan berbagai sektor.

"Tumbuh tinggi dalam situasi sekarang ini bukan pekerjaan mudah. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada pihak lain, kredit terbesar pencapaian ini layak diberikan kepada beliau," ujarnya dalam siaran pers yang diterima di Surabaya, Jumat.

Apresiasi layak diberikan, kata dia, karena telah dibuktikan dengan angka  pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup signifikan, yakni sebesar 7,07 persen pada kuartal kedua sehingga disambut baik berbagai pihak. 

Menurut Sarmuji, Menko Perekonomian berhasil mengoordinasikan berbagai sektor dan menemukan pengungkit utama pertumbuhan sehingga mampu mengeluarkan Indonesia dari resesi.

Ke depan, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi akan sangat ditentukan oleh pelonggaran aktivitas ekonomi masyarakat sebagai hasil dari pengendalian COVID-19.

"Artinya, Pak Menko Airlangga harus kerja keras lagi agar mampu bersaing dengan negara mitra dagang Indonesia," ujar anggota Komisi XI tersebut.

Ketua DPD I Partai Golkar Jatim itu optimistis pengendalian COVID-19 semakin membaik dan diharapkan laju perekonomian semakin kencang karena tingginya mobilitas.

"Sektor-sektor yang saat ini masih lesu seperti pariwisata dan transportasi begitu ada pelonggaran lajunya akan cepat sekali. Syaratnya satu saja, kekebalan komunal harus segera terbentuk," tukas dia.

Cak Sar, sapaan akrabnya, juga menginginkan program vaksinasi digencarkan kembali dan masyarakat tetap menaati protokol kesehatan selama beraktivitas.

Ia kembali berharap pemerintah mulai melonggarkan secara bertahap mobilitas masyarakat, terutama yang berkaitan dengan ekonomi. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021