Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta mengungkapkan sebanyak 7.538 orang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 di gerai Vaksinasi Merdeka Taman Bungkul Surabaya yang digelar sejak 28 Juni 2021.

"Sejak tanggal 28 Juni 2021 hingga hari ini ada sebanyak 7.538 orang telah divaksin. Saat ini rata-rata masyarakat yang mengikuti vaksin di sini adalah penerima vaksin dosis kedua," kata Kapolda saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Taman Bungkul Surabaya, Kamis.

Setiap hari, kata Nico, gerai Vaksinasi Merdeka di Taman Bungkul menyediakan 300 dosis vaksin untuk masyarakat dengan 12 tenaga vaksinator dari Biddokkes Polda Jatim. 

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan Forkopimda Jatim juga terus melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang digelar di sejumlah tempat.

"Forkopimda Jatim telah melaksanakan vaksinasi di pesisir kemudian ke perguruan tinggi, sekolah, dan tempat-tempat lain agar kekebalan komunal atau herd immunity segera terbentuk," katanya.

Meski telah menerima suntikan vaksin, Nico meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan cara 5M.

"Hal ini merupakan prinsip dasar di dalam hidup di masa pandemi covid dan vaksin hanya salah satu upaya untuk pencegahan dan lebih pokok lagi tetap melaksanakan 5M," ujarnya. 

Kapolda mengaku gembira dengan antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi agar Indonesia khususnya Jatim segera terbebas dari pandemi COVID-19.

"Ini merupakan hal yang menggembirakan, pasalnya melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi diharapkan herd immunity dapat segera terwujud di Jatim," ucapnya.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021