Penyaluran bantuan sosial tunai Kementerian Sosial di Situbondo, Jawa Timur, dilaksanakan secara bertahap untuk menghindari terjadinya kerumunan keluarga penerima manfaat (KPM).

Hari ke-9 penyaluran bansos tunai, petugas dari Kantor Pos Situbondo menyalurkan bansos tunai di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, dengan jumlah total sekitar 500 keluarga penerima manfaat.

"Untuk penyaluran bansos tunai di wilayah kami pada hari ini, selain di Kelurahan Mimbaan, penyaluran BST juga dilaksanakan di desa lainnya," ujar Camat Panji Abdul Kadir di sela meninjau pelaksanaan penyaluran BST di Kelurahan Mimbaan, Situbondo, Minggu.

Menurut dia, penyaluran bansos tunai dilakukan dengan cara bertahap atau dibagi setiap satu jam dan sudah tertulis dalam undangan yang diterima KPM. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan warga.

"Alhamdulillah penyaluran bansos tunai di wilayah kami sejauh ini berjalan lancar. Kami tetap mengimbau KPM BST datang memakai masker dan menjaga jarak sesuai arahan dari petugas satgas kecamatan yang bertugas," tuturnya.
 
Petugas Kantor Pos dokumentasikan KPM Bansos Tunai di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo. Minggu (1/8/2021) (ANTARA/Novi H)

Sementara itu, salah seorang KPM bansos tunai, Ana Sulistiyawati (43), mengaku baru bisa menerima bansos tunai Kemensos itu masa bayar Mei dan Juni, karena tahap sebelumnya tidak bisa mencairkan karena tidak bisa menunjukkan kartu keluarga asli yang tercantum nama almarhum suaminya.

"Alhamdulillah sekarang saya bisa menerima bantuan ini, karena bagi saya bantuan ini sangat berarti untuk kebutuhan sehari-hari bersama dua anak saya," katanya.

Menurut dia, tahap sebelumnya ditolak oleh pihak Kantor Pos selaku penyalur bansos tunai. Padahal, ia menerima undangan penyaluran dari PT Pos. Namun karena ia tidak bisa menunjukkan KK asli yang tercantum nama almarhum suaminya (Galing Imam Suharto) akhirnya pihak Pos menolak menyalurkan.

"Suami saya kan sudah meninggal. Setelah saya mengurus KK baru, otomatis nama suami saya gak akan muncul lagi, karena sudah terbit surat kematian. Tapi pihak Pos tetap tidak bisa mencairkan uang bantuan itu, sekalipun saya membawa surat kematian ketika itu," ujarnya.

Jumlah penerima bansos tunai Kementerian Sosial di Situbondo tercatat sebanyak 39.966 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 17 kecamatan.

Dari 39.966 KPM, masing-masing menerima bantuan uang tunai sebesar Rp600.000 per KPM masa bayar bulan Mei dan Juni 2021 (Rp300.000 per bulan).

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021