Vaksinasi massal yang digelar Komando Armada (Koarmada) II bersama Pemkot Surabaya di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor selama dua hari, 29-30 Juli 2021, mencapai target jumlah peserta.

"Alhamdulillah, hari ini saya pastikan bahwa 25 ribu vaksin sudah pasti habis," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau vaksinasi massal hari kedua di Lapangan Thor di Surabaya, Jumat.

Meski begitu, ia mengaku meminta lagi kepada Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto untuk tidak melupakan Surabaya apabila ingin melakukan vaksinasi massal lagi.

Ia pun memastikan siap mendukung apabila ada vaksinasi massal lagi.

"Alhamdulillah, saya mewakili seluruh warga Kota Surabaya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Panglima, sehingga warga Surabaya bisa melakukan vaksinasi kembali, karena memang target kita 70 persen warga bisa tervaksin untuk mencapai 'herd immunity' (kekebalan kelompok)," ujarnya.

Ia juga mengaku serbuan vaksin yang dilakukan Koarmada II di bawah kepemimpinan Pangkoarmada II Laksda Iwan Isnurwanto, semakin optimistis bahwa Surabaya bisa segera memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Ke depan, kami berharap sebagai pemerintah daerah, kami siap support (dukung) apapun yang akan dilakukan untuk vaksinasi lagi atau untuk melawan COVID-19 lagi. Sekali lagi, terima kasih banyak Pak Panglima," ujarnya.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan keberhasilan vaksinasi massal ini merupakan satu kesatuan, kebersamaan yang telah dilaksanakan mulai dari koordinasi hingga pelaksanaan antara jajaran Koarmada II dengan Pemkot Surabaya.

"Yang paling utama adalah kesadaran dari arek-arek Suroboyo dan seluruh lingkungan sekitar yang memang mempunyai keinginan untuk bisa menjaga dirinya dari COVID-19 ini," katanya.

Ia juga memastikan bahwa Koarmada II tidak hanya melakukan vaksinasi di Surabaya dan pesisir, namun juga di pulau-pulau yang ditempuh dengan kapal-kapal Angkatan Laut.

Bahkan, ia juga menegaskan bahwa selain menggelar vaksinasi massal di Surabaya, pada Jumat ini juga menggelar vaksinasi di Pulau Bawean dengan target 3-4 hari ini sebanyak 1.500 sasaran.

Laksda Iwan juga bersyukur karena hingga Jumat siang, vaksinasi di Lapangan Thor itu totalnya sudah mencapai 23 ribu sasaran. Jumlah itu merupakan total vaksinasi dari pada Kamis hingga Jumat siang, dan pada saat itu vaksinasi terus berlanjut hingga menjelang petang.

"Insya-Allah target yang dicanangkan kemarin sebanyak 25 ribu untuk warga yang divaksin tercapai. Ini adalah kesuksesan yang diraih bersama-sama antara Koarmada II TNI AL dengan Pemkot Surabaya," katanya. 

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021