Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Komando Armada (Koarmada) II menggelar vaksinasi COVID-19 massal di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor, Surabaya, pada 29-30 Juli 2021. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu, menyampaikan terima kasih kepada Koarmada II yang sudah bersedia bekerja sama menggelar vaksinasi massal kepada warga Kota Pahlawan. 

"Kami hanya menyediakan tempat dan nakes (tenaga kesehatan), sedangkan lainnya dilakukan oleh Koarmada II. Semoga ini menjadi awal untuk mencapai herd immunity di Kota Surabaya," kata Eri.

Vaksinasi tersebut menyasar warga di tiga kecamatan, meliputi Kecamatan Wonokromo sebanyak 17.500 orang, Kecamatan Sawahan 5.000 orang, dan Kecamatan Dukuh Pakis 5.000 orang. 
 
Menurut Eri, kegiatan ini menunjukkan bahwa Kota Surabaya selalu bergotong-royong dan berkolaborasi, seperti yang dicontohkan Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto bersama jajarannya. 

Ia juga menegaskan bahwa untuk kepentingan warga Surabaya, pemkot memastikan siap mendukungnya.  "Apapun akan kami support untuk melakukan vaksinasi di Surabaya," ujarnya.

Sementara itu, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan TNI Angkatan Laut melakukan vaksinasi sudah sesuai aturan, sebagaimana diperintahkan Presiden Joko Widodo kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan vaksinasi guna membentuk kekebalan komunal.
 
Panglima TNI meneruskan kepada staf angkatan, khususnya Kepala Staf Angkatan Laut yang kemudian memerintahkan kepada Pangkoarmada di bawahnya untuk melakukan vaksinasi, seperti yang dikenal serbuan vaksinasi maritim. 

Makanya, kata dia, Koarmada II dengan Lantamal di bawahnya, yaknj Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makasar, Lantamal VII Kupang, Lantamal VIII Manado, dan Lantamal XIII Tarakan beserta pangkalan-pangkalan angkatan laut secara serentak melakukan vaksinasi sejak bulan Juni lalu.
 
"Kami tidak henti-hentinya bahu-membahu melaksanakan vaksinasi untuk memerangi COVID-19 ini," ujarnya.
 
Ia juga menjelaskan dipilihnya Gelora Pancasila dan Lapangan Thor sebagai lokasi vaksinasi, karena tempat itu merupakan kebanggaan arek-arek Suroboyo, selain Gelora Tambaksari Surabaya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021