Legislator mengawal penyaluran bantuan paket sembako dari pemerintah kota setempat kepada warga terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Anggota Komisi D Biang Kesra DPRD Kota Surabaya Tjutjuk Supariono di Surabaya, Sabtu, mengatakan, bantuan paket sembako ini sangat bermanfaat bagi warga terdampak PPKM saat ini, sehingga penyalurannya perlu dikawal agar tepat sasaran.

"Kami memantau terus perkembangan bantuan paket sembako ini," kata politikus PSI ini.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga telah menerjunkan anggotanya untuk ikut membantu pembagian paket sembako di sejumlah wilayah Kota Surabaya dengan kordinasi langsung dengan camat setempat. Salah satu pembagian paket sembako di Kecamatan Sawahan.   

Menurut dia, pihaknya telah memantau bantuan paket sembako dari Pemerintah Kota Surabaya ke  sejumlah kelurahan di Kecamatan Sawahan, seperti halnya Kelurahan Banyu Urip dan Kelurahan Petemon.

Sementara itu, Lurah Banyu Urip Rachmat Hermuko menyampaikan bahwa bantuan sembako dan dua paket telur ayam diberikan kepada warga khususnya pedagang sekitar Kelurahan Banyu Urip yang ber-KTP Surabaya.

"Setiap warga mendapatkan satu paket sembako dan dua paket telur ayam," ujarnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, bantuan percepatan penanganan COVID-19 di Surabaya dari berbagai perusahaan maupun lembaga didistribusikan kepada warga terdampak seperti pedagang kaki lima, warung kopi dan usaha lainnya.

"Meskipun bantuan ini tidak dapat mencukupi kebutuhan, tetapi minimal dapat sedikit meringankan beban masyarakat," katanya.

Bahkan, lanjut dia, bantuan dari berbagai perusahaan ini akan digabungkan dengan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang sudah datang beberapa waktu lalu. Ia berharap bantuan itu bisa bermanfaat buat warga terdampak sehingga dapat melewati masa PPKM bersama-sama. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021