Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) terus berkomitmen mendukung penyembuhan pasien positif COVID-19 dengan pengadaan plasma konvalesen sebagai salah satu terapi.

Memasuki hari kedua pelaksanaan donor plasma konvalesen di Gedung Moeljadi Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Rabu, panitia menargetkan sasaran donor adalah prajurit Kodiklatal yang pernah terpapar virus corona dan kini sedang menempuh pendidikan di beberapa pusat pendidikan (pusdik).

Di sela peninjauan, Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa donor plasma plasma konvalesen yang diselenggarakan di Gedung Moeljadi Bumimoro Surabaya ini merupakan pelaksanaan yang kedua, setelah kegiatan pertama digelar di Puslatdiksarmil, Juanda, Sidoarjo, Senin (19/7).

Menurut Laksdya Nurhidayat, untuk kegiatan di Juanda target donor adalah para prajurit siswa yang sedang menempuh pendidikan di Puslatdiksarmil, sedangkan pelaksanaan di Bumimoro Surabaya targetnya adalah para prajurit siswa yang menempuh pendidikan di beberapa pusdik di Bumimoro.

Untuk kegiatan donor plasma konvalesen ini, Kodiklatal bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gresik.

Adapun pusdik-pusdik itu adalah Pusdiktek, Pusdikbanmin, Pusdikkes, Pusdiklek, dan Pusdikpomal yang berada di bawah Kodikdukum. Selain itu, ada juga Pusdiklapa dan Pusdikpel di bawah Kodikopsla.

“Pelaksanaan donor plasma konvalesen ini merupakan bukti nyata serta sumbangsih prajurit Kodiklatal dan TNI AL kepada masyarakat Jawa Timur guna mendukung penyembuhan pasien COVID-19.” jelas Dankodiklatal.

Laksdya Nurhidayat juga menyampaikan bahwa dalam mendukung percepatan penanganan COVID-19 sekaligus percepatan program vaksin nasional, tim Satgas COVID-19 Kodiklatal juga melaksanakan serbuan vaksin untuk anak usia 12-17 tahun di lapangan GOR Bola Basket samping Gedung Graha Samudera, Bumimoro, Kodiklatal, Rabu.

Kegiatan lainnya adalah serbuan vaksin masyarakat maritim selama empat hari dimulai pada Senin (19/7) dan dilanjutkan Kamis (22/7) hingga Sabtu (24/7). (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021