Komando Armada (Koarmada) II menyiapkan sebanyak 2.000 tempat tidur tambahan untuk pasien virus corona (COVID-19) di Surabaya. 

Panglima Koarmada II Laksamana Muda (Laksda) Iwan Isnurwanto menjanjikan seluruh tempat tidur tersebut sudah sudah bisa dioperasikan dalam kurun waktu kurang dari dua minggu mendatang. 

"Tapi kami berdoa tidak ada yang mengisi tempat tidur ini," ujarnya, di sela bakti sosial TNI AL dalam rangka serbuan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan, Rabu.
 
Laksda Iwan mengungkapkan Koarmada II tergerak membantu ribuan tempat tidur baru setelah sebanyak 70 personelnya belum lama lalu terpapar COVID-19 namun harus antre di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya saat membutuhkan perawatan medis.

Dia merinci, rencananya sebanyak 1.000 tempat tidur di antaranya akan ditempatkan di RSAL dr Ramelan Surabaya. 

"Jadi di RSAL dr Ramelan Surabaya akan membuka kamar-kamar  baru dengan kapasitas sebanyak 1.000 tempat tidur untuk pasien COVID-19," katanya.

Selain sebanyak 1.000 tempat tidur di kamar-kamar baru, Laksda Iwan menandaskan, RSAL dr Ramelan Surabaya juga akan membuka 200 tempat tidur lagi bagi pasien COVID-19.

"800 tempat tidur lainnya untuk pasien COVID-19, akan kami tempatkan di Pangkalan Korps Marinir, Jalan Opak Surabaya," ujarnya.
   
Menurutnya, total sebanyak 2.000 tempat tidur tersebut disiapkan sebagai langkah antisipasi melonjaknya pasien COVID-19.

"Sudah saya laporkan ke Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sekali lagi, mudah-mudahan tempat tidur yang kami siapkan tidak terpakai. Kami hanya mempersiapkan diri seandainya terjadi lonjakan pasien COVID-19," ucapnya. (*)

 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021