Hari kedua pelaksanaan program serbuan vaksin TNI AL di Markas Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang diperuntukkan masyarakat maritim dan para pekerja bidang maritim di Pelabuhan Tanjung Perak, pesertanya membeludak.

Tingginya antusiasme masyarakat itu membuat panitia penyelenggara menambah jumlah kuota vaksin yang semula 1.200 menjadi 1.436 orang.

Kegiatan bertajuk “Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim” tersebut digelar di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB) Kodiklatal Surabaya, Selasa, demikian seperti dikutip dari siaran pers Bagian Penerangan Kodiklatal.

Antusias masyarakat ini mendapat apresiasi dari Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat saat melaksanakan peninjauan di lokasi vaksinasi.

Selain meninjau pelaksanaan vaksin, Dankodiklatal juga melaksanakan konferensi video dengan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dari Mabesal di Jakarta. 

Dalam vicon ini, Dankodiklatal didampingi Wadan Kodiklatal Mayjen TNI (Mar) Lukman, Direktur Umum Laksma TNI Rubiyanto sebagai penyelenggara vaksin, Komandan Pusdikkes Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto yang juga Dansatgas Covid-19 Kodiklatal, dan Kepala Satuan Kesehatan Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto.

Vicon ini juga dihadiri para Pangkotama TNI AL hingga Komandan Lanal di seluruh Indonesia. Melalui vicon tersebut, Kasal Yudo Margono memantau langsung pelaksanaan program Serbuan Vaksin TNI AL yang digelar secara serentak di berbagai daerah.

Dalam sambutannya, Laksamana Yudo Margono menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Pangkotama, Danlantamal, Danlanal, dan para Kasatker yang telah mengoordinasi pelaksanaan serbuan vaksin TNI AL untuk masyarakat maritim, baik yang bekerja di pelabuhan umum, pelabuhan perikanan, pesisir maupun masyarakat pantai di pulau terpencil.

Vaksinasi ini merupakan kelanjutan program pemerintah untuk mencapai sasaran 2 juta vaksin perhari.

Kasal juga mengapresiasi pemerintah daerah, TNI dan Polri yang telah bersinergi dengan TNI AL dalam menyukseskan kegiatan serbuan vaksin.

Seperti laporan dari Komandan Lantamal XII Pontianak, bahwa pelaksanaan serbuan vaksin TNI AL mendapat sambutan masyarakat Pontianak sehingga pejabat daerahnya, yaitu Wakil Gubernur Kalbar, Pangdam, dan Kapolda hadir di acara konferensi video itu.

Untuk pelaksanaan vaksinasi di Kodiklatal, menurut koordinator penyelenggara yang juga Direktur Umum Laksma TNI Rubiyanto, bahwa jumlah vaksin melebihi kuota yang ditentukan penyelenggara.

Pada hari pertama diikuti sebanyak 1.080 peserta, sedangkan di hari kedua dihadiri 1.436 peserta sehingga secara keseluruhan tercatat 2.516 orang. Sementara target awal vaksinasi sebanyak 2.000 orang. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021