Sekitar 40 persen warga Sidoarjo, Jawa Timur, telah mengikuti vaksinasi COVID-19, kata Wakil Bupati Sidoarjo Subandi saat meninjau vaksinasi massal bersama dengan Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL di Desa Pabean, Rabu.

"Pemkab Sidoarjo terus melakukan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat. Kali ini Dinas Kesehatan Sidoarjo bersama Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL melaksanakan pekan serbuan vaksin COVID-19," ujarnya.

Ia mengatakan dalam pekan serbuan vaksin tersebut, 500 orang warga Desa Pabean mendapat suntikan vaksin Sinovac yang dilakukan di kantor Desa Pabean,Kecamatan Sedati.

"Vaksinasi kali ini dilakukan dengan menggandeng Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL," ucapnya.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 juga dilakukan di seluruh kecamatan dan saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo sekitar 40 persen.

"Kalau Sidoarjo (capaian vaksinasi COVID-19) sekitar 40 persen, sedangkan vaksinasi untuk lansia sudah selesai," ujarnya.

Kabupaten Sidoarjo, katanya, akan terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Dengan vaksinasi seperti ini diharapkan imunitas tubuh masyarakat Sidoarjo akan meningkat.

Namun, ia meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Masyarakat diharap dapat menjaga diri sendiri sebelum menjaga orang lain dari penyebaran virus tersebut.

"Protokol kesehatan utama tetap dilakukan, kalau keluar jangan lupa pakai masker, ini penting," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Danyon Angmor Letkol Marinir Agus Haryanto mengatakan dalam kegiatan vaksinasi COVID-19 kali ini melibatkan 50 tenaga kesehatan gabungan dari Korps Marinir TNI AL dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo.

Menurutnya, prajurit Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL turut serta mendukung pemerintah dalam rangka pelaksanaan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM berskala mikro.

Oleh karenanya, kata dia, kegiatan Serbuan Vaksin COVID-19 dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kami berupaya untuk menjadi penggerak terselenggaranya vaksinasi di Desa Pabean bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat guna membantu masyarakat dalam mengatasi penyebaran COVID-19," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021