Kepolisian Resor Madiun menyediakan 5.140 vaksin COVID-19 dalam kegiatan vaksinasi massal agar terbentuk kekebalan kelompok dan mencegah penularan virus corona di wilayah setempat.

Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan kegiatan vaksinasi massal tersebut dalam rangka mendukung pemerintah untuk percepatan vaksinasi nasional sekaligus peringatan ke-75 Hari Bhayangkara tanggal 1 Juli 2021.

"Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka menyambut momentum hari Bhayangkara sekaligus program TNI/Polri yang secara nasional target sehari sejuta vaksin bekerja sama dengan Dinas Kesehatan di masing-masing daerah," ujar AKBP Jury Leonard di sela memantau pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Tunggal Panaluan Mapolres Madiun, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan vaksinasi massal tersebut juga diselenggarakan di tiap kantor kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Madiun. "Vaksinasi massal yang diselenggarakan Polres Madiun ada di 19 titik dan disiapkan 5.140 vaksin," kata dia.

Vaksinasi tidak hanya diberikan kepada keluarga Bhayangkara, namun juga warga Kabupaten Madiun secara umum dengan usia di atas 18 tahun.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden dalam rangka melaksanakan program vaksinasi massal untuk mencapai 1 juta sehari,  kami dari jajaran Polri bergabung dengan TNI dan tentunya rekan-rekan dari Dinkes melaksanakan vaksinasi masal secara serentak," katanya.

Kegiatan tersebut juga sesuai dengan tema yang diusung dalam Hari Bhayangkara 2021, yakni "Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju".

"Kita dukung program pemerintah ini. Diharapkan melalui kegiatan vaksinasi massal ini, dapat meningkatkan imun masyarakat, sehingga kita bisa beraktivitas kembali seperti biasa," tambahnya.

Sesuai data, di Kabupaten Madiun kasus COVID-19 hingga Sabtu (26/6) mencapai 4.280 orang. Dari jumlah itu, 3.872 orang  telah sembuh, 152 lainnya masih dalam perawatan, dan 256 orang meninggal dunia.

Tambahan kasus per Sabtu (26/6), konfirmasi baru 21 orang, sembuh 73 orang, dan meninggal dunia nihil.

Sementara, dalam kegiatan tersebut AKBP Jury Leonard Siahaan juga memberikan sejumlah bantuan Bakti Sosial dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara kepada masyarakat Kabupaten Madiun.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021