Bupati Situbondo Karna Suswandi mempromosikan objek wisata bahari Merak-Baluran di sela menjadi pemateri pendidikan dan pelatihan yang digelar Badan Pengembangan SDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Selasa.

Pendidikan dan pelatihan BPSDM Kementerian Dalam Negeri bertema "Manajemen Strategi Pengembangan Inovasi Daerah Berbasis Sektor Keunggulan Potensi Wilayah" itu diikuti perwakilan kabupaten/kota se-Indonesia.

"Pak Bupati menjadi salah satu pemateri pendidikan dan pelatihan di BPSDM Kementerian Dalam Negeri hari ini. Dan di akhir kegiatan diklat, bupati juga mengenalkan atau mempromosikan wisata Merak-Baluran di hadapan peserta diklat sembari memutar video Pantai Merak-Baluran," kata Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro saat di hubungi dari Situbondo.
 
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat mengisi materi Diklat di BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. Selasa (22/6/2021) (ANTARA/HO-Kominfo Situbondo)

Wisata bahari Merak-Baluran Situbondo merupakan destinasi wisata pantai yang saat ini mulai dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat, karena sangat berpotensi menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sejumlah destinasi wisata pantai baru dan masih dalam satu kawasan ini, tepatnya berada di sisi utara Taman Nasional Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

"Wisata Merak-Baluran Situbondo ini kan sedang dikembangkan oleh pemkab untuk menjadi tujuan wisata pantai yang masih dalam satu kawasan," tuturnya.
 
Bupati Situbondo Karna Suswandi berfoto di objek wisata Pantai Sijile, salah satu wisata bahari Merak-Baluran. (ANTARA/Novi H)

Bung Karna, sapaan bupati, ditunjuk menjadi salah satu pemateri pendidikan dan pelatihan oleh Kementerian Dalam Negeri, terkait dengan inovasi-inovasi yang telah diterapkan oleh Bupati Karna Suswandi yang baru dilantik akhir Februari 2021.

Harapannya, inovasi yang sudah dilaksanakan oleh Kabupaten Situbondo, dapat direplikasi oleh kabupaten/kota se-Indonesia yang hadir dalam diklat tersebut.

"Materi yang disampaikan Pak Bupati itu, di antaranya inovasi pelayanan aktif, kreatif, efektif, efisien dan memuaskan (pelayanan Pakem) yang sudah diterapkan di lingkungan Pemkab Situbondo, termasuk inovasi dalam pengembangan wisata Merak-Baluran dan inovasi layanan lainnya. Harapannya bisa direplikasi dan diaplikasikan daerah lain," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021