Sebanyak 300 pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Jawa Timur mengikuti rangkaian workshop e-Smart yang digelar Kementerian Perindustrian di Surabaya, sebagai salah satu upaya mempercepat tumbuhnya 6,1 juta UMKM digital di Tanah Air.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Surabaya, Senin, mengatakan program e-Smart IKM digelar dalam bentuk workshop di berbagai daerah. 

Adapun materi workshop, berupa pembuatan konten video pemasaran daring, tip dan trik pembuatan foto produk, pemanfaatan marketplace untuk pemasaran dan dalam rangka pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta mengenai sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Pasar Digital BUMN.

"Tahun ini kami menargetkan pemberian edukasi, pelatihan, dan pendampingan e-business kepada 4.000 pelaku IKM di Tanah Air," kata Gati, kepada wartawan di Surabaya.

Ia menjelaskan rangkaian workshop digelar di Jawa Timur pada 21 Juni 2021 dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada 22 Juni 2021. 

Sebagai pembuka, workshop e-Smart IKM Provinsi Jawa Timur diikuti oleh 300 IKM, dengan 100 peserta hadir secara luring dan 200 peserta hadir secara daring 

"Pelaku IKM yang ikut berasal dari sektor komoditas logam, permesinan, elektronik, kelistrikan, alat angkut, alat kesehatan & alat masak dari logam/elektronika," katanya.

Sementara itu, workshop e-Smart IKM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diikuti oleh 250 IKM, dengan 50 peserta hadir secara luring dan 200 peserta hadir secara daring. 

"Pelaku IKM yang ikut berasal dari komoditas mainan, alat olahraga, alat musik, kerajinan, fesyen, homecare, alat musik, pakaian bayi, perlengkapan kebersihan dan makan," katanya.

Gati mengatakan workshop e-Smart IKM ini bekerja sama dengan marketplace Blibli dan Shopee, Surveyor Indonesia, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Pasar Digital Kementerian BUMN. 

"Sebagai tindak lanjut workshop, nantinya peserta akan mendapatkan bimbingan langsung oleh tim dari marketplace, workshop kebijakan pemerintah, workshop bisnis digital dan manajemen bisnis," tuturnya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021