PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kabupaten Jember, Jatim, membangun penyulang baru sepanjang 47 Kilo Meter Sirkuit (kms) dan Gardu Hubung (GH) Mayang, untuk memberikan pelayanan optimal dan meningkatkan keandalan.

"Pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut bertujuan untuk perbaikan tegangan ujung dan mengurangi susut jaringan, serta mendukung peningkatan perekonomian di sektor industri dengan kesiapan untuk melayani pelanggan premium di wilayah Kalisat dan sekitarnya," papar Manager UP3 Jember, Hamzah di Surabaya, Rabu.

Ia mengatakan, waktu pengerjaan dilakukan selama 4 bulan, dan PLN bekerja sama dengan stakeholder eksternal mulai dari kelurahan, Dinas PU Kota Jember hingga Polres Jember.

Hamzah mengatakan, penyulang baru tersebut dapat memasok listrik sebanyak 4.625 pelanggan baru dengan daya 900 VA.

Sebelumnya, wilayah Kalisat dan sekitarnya hanya dilayani penyulang kalisat dengan tegangan ujung 17.2 kV dan penyulang gumitir 17.4 kV.

"Sinergi dan koordinasi dengan stakeholder setempat membuat pengerjaan penyulang ini nyaris tak ada kendala. Kendala lain bersifat teknis seperti penanaman tiang pada badan jalan raya dapat teratasi dengan baik. Kami berharap dengan ditambahnya penyulang baru tersebut mampu meningkatkan layanan kami khususnya di sisi keandalan," tutur Hamzah.

Sementara itu hingga April 2021, panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) PLN UID Jawa Timur sampai dengan Mei 2021 sepanjang 40.685,2 KMS, panjang Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 76.898 KMS dan gardu trafo sebanyak 67.167 buah yang melayani 12.602.135 pelanggan di seluruh wilayah Jawa Timur.

Sedangkan untuk rencana penyulang baru tahun 2021, terdapat Penyulang Arabika di UP3 Surabaya Utara sepanjang 1,55 kms, penyulang untuk pembebanan Gardu Induk New Porong UP3 Pasuruan 2,4 kms, dan penyulang Borang UP3 Gresik 1,3 kms. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021