Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memberikan layanan keluarga berencana (KB) secara gratis bersamaan dengan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

Kepala Seksi Kepesertaan Keluarga Berencana dan Jaminan Ketersediaan Alat Kontrasepsi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kediri Istianah mengemukakan kegiatan ini sengaja dilakukan merupakan rangkaian safari KB untuk warga.

"Safari ini sengaja kami lakukan hingga 15 Juni dengan sasaran akseptor sebanya-banyaknya," katanya di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan layanan keluarga berencana ini diberikan secara gratis. Layanan ini diberikan sebagai bentuk dukungan agar masyarakat bersedia ikut serta dalam layanan KB ini. Masyarakat diberikan secara gratis, karena biaya untuk KB mandiri juga cukup besar hingga sekitar Rp1,5 juta.  

Acara ini juga digelar dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021 sekaligus Hari Lahir Pancasila, 1 Juni. Kegiatan safari ini digelar dalam lima putaran setiap hari Selasa dan Sabtu di RS Aura Sifa Kabupaten Kediri.

Selain itu, dalam pelaksanaan KB rutin juga dilakukan di puskesmas dan bidan praktik mandiri. Sedangkan pada 14-18 Juni, safari KB akan digelar di RSKK Pare dan metode IUD. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021