Kepolisian Resor Gresik mencatatkan penurunan angka fatalitas sekitar 96 persen selama Operasi Ketupat Semeru 2021 yang dilakukan di wilayah setempat tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto dalam siaran persnya kepada wartawan di Gresik, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan penurunan itu diperoleh berkat kerja keras jajarannya dalam sosialisasi dan edukasi menekan pelanggaran berpotensi penyebab lakalantas.

Ia mengatakan pada H-12 Idul Fitri pelaksanaan operasi biasa periode 24 April hingga 5 Mei 2021, angka lakalantas di Kota Santri itu tercatat sebanyak 22 kejadian, dengan angka fatalitas 29 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat, dan 4 orang luka ringan.

"Rincian itu menunjukkan fatalitas lakalantas bisa dikatakan tinggi," ungkap Arief.

Namun, penurunan drastis terjadi dua pekan kemudian saat berlakunya operasi Ketupat Semeru 2021 mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, dengan catatan ada 24 kejadian, dengan fatalitas turun drastis.

Ia mencatat pada Operasi Ketupat Semeru 2021 dilaporkan hanya satu orang meninggal dunia, dua orang menderita luka berat, dan 35 orang mengalami luka ringan.

"Capaian penurunan fatalitas lakalantas ini diduga efek Operasi Ketupat Semeru 2021, yakni saat diberlakukan pelarangan mudik lebaran maupun penyekatan hingga menurunnya mobilitas masyarakat," tutur Arief yang merupakan alumni Akpol 2001 tersebut.

Oleh karena itu, ia tetap mengimbau masyarakat untuk selalu mengutamakan unsur keselamatan berkendara dengan mematuhi tata tertib lalu lintas serta taati rambu-rambu ketika berkendara di jalan raya.

"Serta jangan lalai menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, dengan mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas untuk menghindari paparan COVID-19," tutur-nya.

Ia menambahkan Polres Gresik akan terus bertekad melakukan upaya menekan kecelakaan untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021