Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dengan magnitudo 6,2 pada Jumat malam pukul 19.09 WIB, juga dirasakan warga di wilayah Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Salah seorang warga Kota Malang, Yohanes Kurniawan, mengatakan guncangan gempa dirasakan pada saat dirinya sedang berkumpul bersama keluarga di salah satu kafe.

"Pada saat  kami makan, kemudian merasakan ada goyangan. Ternyata gempa bumi. Guncangan terasa agak lama, namun tidak sampai satu menit," kata Yohanes kepada ANTARA di Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat malam.

Baca juga: Gempa magnitudo 6,2 guncang Kabupaten Blitar, tidak berpotensi tsunami

Yohanes bersama istri dan keluarganya sempat berupaya untuk keluar dari kafe untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan akibat gempa bumi. Namun, pada saat akan menuju keluar kafe, guncangan akibat gempa sudah tidak lagi terasa.

Baca juga: Warga Kediri berhamburan ke luar rumah saat gempa magnitudo 6,2 mengguncang

Menurut Yohanes, guncangan yang dirasakan kali ini jauh berbeda dengan gempa yang melanda wilayah Kabupaten Malang pada tanggal 10 April 2021. Saat itu, menurut Yohanes, guncangan yang dirasakan jauh lebih kuat dibandingkan saat ini.

"Guncangan lebih kuat pada saat gempa bumi yang terjadi di Malang beberapa waktu lalu," kata Yohanes.

Baca juga: Warga Surabaya rasakan getaran gempa

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyatakan hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa yang berpusat di Kabupaten Blitar dan getarannya dirasakan hingga wilayah Malang Raya.

Pelaksana Tugas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono mengatakan saat ini jajarannya masih melakukan pemantauan wilayah terdampak gempa tersebut dan belum mendapatkan laporan adanya kerusakan.

"Masih dalam pemantauan wilayah. Untuk kerusakan masih belum ada laporan yang kami terima," kata Sadono.

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Jumat (21/5) pukul 19.09 WIB. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut, terjadi pada kedalaman 110 kilometer, sejauh 57 kilometer tenggara Kabupaten Blitar.

Gempa yang terjadi pada koordinat 8.63 Lintang Selatan (LS), dan 112.34 Bujur Timur (BT) tersebut, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021