Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka 10 jalur mandiri atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk program sarjana dan vokasi tahun akademik 2021/2022.

"Kuota jalur SPMB alias mandiri Unesa tahun ini sebesar 30 persen dari total daya tampung. Ada tujuh fakultas dan 64 prodi sarjana (S-1) serta 10 program sarjana terapan yang bisa peserta pilih di Unesa," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Bambang Yulianto, M.Pd di Surabaya, Selasa.

Prof. Bambang menjelaskan jalur SPMB Unesa secara umum ada dua yakni jalur non-tes dan jalur tes.  Jalur non-tes yakni ada  jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) nasional, prestasi keagamaan, prestasi olahraga, prestasi seni, kepemimpinan, dan disabilitas. 

Selain itu juga ada jalur beasiswa luar negeri (LN) dan kerja sama pemerintah kota/kabupaten/provinsi. Sementara itu, untuk jalur tes yakni ada jalur Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) dan jalur D4/sarjana terapan.  "Untuk syarat dan ketentuan serta penjelasan lebih lanjut bisa diakses di media sosial OFFICIAL UNESA atau www.admisi.unesa.ac.id," ucap Prof. Bambang. 

Prof. Bambang juga berpesan kepada calon peserta SPMB Unesa untuk menyiapkan diri. Sehingga bisa memenuhi kriteria untuk masuk dan mengenyam pendidikan di Unesa tahun ini. 

"Bagi calon mahasiswa bisa menggunakan jalur-jalur tersebut. Paling penting dari sekarang mulai siapkan diri dan segala dokumen yang disyaratkan," ujarnya.

SPMB jalur non-tes UTBK Unesa dibuka mulai 14-18 Juni. Kemudian untuk jalur prestasi dibuka mulai 14-25 Juni.

Lalu jalur disabilitas, TMUBK, dan jalur kerja sama dibuka mulai 21 Juni-6 Juli. Untuk jalur sarjana terapan gelombang pertama dibuka 21 Juni-6 Juli dan kedua pada 21-27 Juli 2021. (*)


 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021