Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat sudah 42 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Situbondo terhintung sejak 28 April hingga 7 Mei 2021.

Pekerja migran asal Situbondo yang sebagian besar bekerja di Malaysia, Singapura dan Hong Kong, langsung dikarantina sebelum pulang ke rumah masing-masing oleh Satgas COVID-19 kabupaten/kecamatan setempat.

"Jadi, sejak 28 April hingga hari ini sudah ada 42 pekerja migran yang tiba di Situbondo. Untuk hari ini atau yang baru tiba sebanyak 12 orang," ujar Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Situbondo, Mohammad Zaini di Situbondo, Jumat.

Ia menjelaskan dari 12 pekerja migran yang baru tiba hari ini, tujuh orang dikarantina di Hotel Rengganis, dua orang di Puskesmas Kendit dan tiga orang pekerja migran lainnya dikarantina di Puskesmas Besuki.

"Mereka mayoritas sampai di sini dalam kondisi sehat dan juga membawa swab test hasil negatif dari karantina di Surabaya. Jadi mereka sebelumnya juga dikarantina di Surabaya dua hari dan di Situbondo nantinya tiga hari baru bisa pulang," tuturnya.

Zaini menambahkan, pada Sabtu (8/5) besok atau hari terakhir dijadwalkan masih ada empat pekerja migran lainnya yang akan tiba di Situbondo. Sehingga, total pekerja migran yang tercatat hingga besok sebanyak 46 orang.

"Besok masih ada empat orang pekerja migran yang akan tiba di Situbondo, total semuanya 46 orang. Sedangkan pekerja migran yang lebih dulu sampai di sini sudah pulang ke rumahnya, namun mereka harus isolasi mandiri di rumah," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021