Merek sepatu lokal asal Kota Surabaya Ricosta membidik pasar kaum milenial melalui produk sepatu yang dapat di-custom atau dimodifikasi warna dan desainnya oleh pembeli.

"Sepatu ini sepintas sama dengan lain. Yang membedakan adalah sepatu Ricosta dapat di-custom atau dimodifikasi pewarnaan, diberi nama atau inisial dengan sesuka hati oleh pembeli tanpa repot datang ke gerai," kata Co Founder Ricosta, Andy Cahyono di Surabaya, Jumat.

Andy menjelaskan untuk mendesain sepatu Ricosta cukup mudah, pembeli dapat melakukan proses pewarnaan menggunakan proses digital sesuai kemauan. Selanjutnya di bagian belakang bisa juga diberi berbagai macam warna.

"Setiap orang yang ingin membuat sepatu dengan warna dan insialnya sendiri bisa langsung mengakses website kami," ujar Andy.

Andy mengklaim sepatu buatannya itu memiliki kelebihan yang praktis ketika dipakai. Hal itu juga sesuai dengan gaya anak muda zaman sekarang yang tidak ingin ribet harus menali atau melepas tali ketika melepas sepatu.

Selain itu, kelebihan lainnya juga ada pada desainya yang sederhana. Menurut Andy dengan desain sepatu yang sederhana ini lebih cocok bagi pekerja muda.

"Desainnya ada 50-an lebih, semuanya didesain sederhana karena sesuai dengan millenial," tuturnya.

Bahan yang dipakai Ricosta pun bermacam-macam, mulai dari full kulit dan ada juga yang menggunakan bahan dasar mesh. "Jadi bahaanya bisa custom dan ini slip on. Jadi lebih sederhana," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang Co Founder Ricosta lain, Jefferson Robert menambahkan perawatan sepatu custom ini cukup mudah. Hanya dengan mengusap bagian yang kotor menggunakan tisu basah atau kain, sepatu akan tampak bersih kembali.

"Justru kalau kulit asli itu kan harus dipoles, ini cukup tisu basah saja. Bahkan tidak perlu sampai dicuci atau direndam air. Kalau kotornya kejatuhan tinta, maka beda lagi perawatannya, tapi kalau pemakaian normal ya bisa menggunakan cara sederhana tadi," katanya.

Sementara itu tren sepatu lokal di Surabaya, lanjut Robert, di kota Pahlawan sangat banyak peminatnya. Apa lagi dengan desain sederhana dan bisa dimodifikasi, yang menjadikan tren sepatu custom semakin diminati millenial.

"Bisanya ada yang pesan couple mereka atau bisa juga didesain sama untuk rekan komunitas tertentu," katanya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021