Komponis asal Kabupaten Situbondo Ali Gardy Rukmana yang membawakan lagu berjudul "Karena-Mu" bersama dua kawannya dalam grup "Nusantara Rytm" meraih juara dalam "Festival Seni Ramadhan" yang diselenggarakan kampus Universitas Indonesia dengan Kementerian Agama RI di Jakarta.

"Alhamdulillah, di lomba tingkat nasional ini kami meraih juara dua untuk kategori cipta lagu. Pada festival ini, kami membawakan lagu berjudul Karena-Mu," kata Ali Gardy, kepada ANTARA di Situbondo, Jawa Timur, Minggu. 

Laki-laki asal Desa Jangkar, Situbondo, ini menjelaskan festival tersebut merupakan salah satu bentuk gerakan membangun moderasi beragama melalui gerakan kebudayaan. Acara itu dibuka secara simbolis oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan Dirjen Bimmas Kementrian Agama H. Kamaruddin Amin, MA, akhir April lalu. 

Festival itu, kata Ali, juga diramaikan oleh beberapa musisi nasional, di antaranya Opik, Debu, Anisa Rahman, Dwiki Dharmawan, Once dan Ikang Fauzi.

Nusantara Rhythm  yang merupakan kelompok musik asli Situbondo berhasil lolos audisi sehingga mereka diundang mengikuti final Festival Seni Ramadhan 2021 di Jakarta.

Kelompok musik Nusantara Rytm itu terdiri atas Ali Gardy, Dias Pribadi dan Reyfani yang selama ini memang mengusung tema ethno, dengan mengemas alat musik tradisional dan modern dalam setiap aransemen yang diciptakannya. 

Ali Gardy menjelaskan mengenai tema lagu ciptaannya, "Karena-Mu" itu pihaknya mencoba membahasakan geografis dan kehidupan sosial yang berbeda, akan tetapi hulu dalam berkeTuhanan adalah sama, yakni bersandar kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas smua dukungan saudara-saudaraku di Situbondo sehingga kami mampu mencapai raihan prestasi ini. Alhamdulillah. Situbondo, perjuangan ini buat kita semua, dari kami Nusantara Rythm," katanya. (*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021