Sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel dari Kompi 4 Batalyon B Brimob Polda Jawa Timur diterjunkan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Minggu.

Kompi 4B Brimob Pelopor Polda Jatim AKP Rudi Purnama mengatakan satu SSK atau 50 personel Brimob Polda Jatim tersebut dikerahkan untuk melaksanakan kegiatan pembersihan di lokasi terdampak gempa.

"Pembersihan dilakukan menjadi dua titik yaitu Dusun Iburaja dan Kalirejo, Desa Kaliuliang," kata AKP Rudi.

AKP Rudi menyatakan pelaksanaan pembersihan di lokasi terdampak gempa bumi akan terus dilakukan sampai kondisi sudah mulai tenang.

"Brimob akan meninggalkan lokasi apabila masyarakat terdampak gempa sudah benar-benar dinyatakan dalam kondisi tenang," ujarnya.

Diungkapkan AKP Rudi, personel Brimob Polda Jatim langsung melaksanakan konsolidasi setelah adanya gempa.

Selanjutnya personel Brimob bergeser ke tempat dengan dampak gempa bumi terparah guna membantu evakuasi masyarakat dan membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan rumah atau tempat ibadah.

"Personel Brimob akan bekerja semaksimal mungkin bersama dengan dinas terkait, untuk pemulihan secepatnya. Puing bangunan yang dirasa cukup berbahaya sudah disingkirkan, dan kami mengimbau agar jangan panik ketika terjadi gempa susulan," ucapnya.

Dia berpesan untuk anggota Brimob Polda Jatim yang berada di lokasi terdampak gempa untuk selalu memiliki semangat dalam memberikan trauma healing kepada masyarakat.

"Saya mengharapkan kepada masyarakat untuk tetap semangat menyambut kehidupan lebih baik di waktu yang akan datang," ujar AKP Rudi.

Selain itu, sejumlah personel kepolisian turun ke lapangan guna melakukan patroli dan memonitor situasi pasca-gempa.

"Kemudian memberikan imbauan kepada warga agar tidak panik dan tetap waspada untuk mengantisipasi adanya gempa susulan," katanya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021