BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sidoarjo Jawa Timur membidik kepesertaan anggota Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sidoarjo melalui sosialisasi kepada anggota KORMI di kabupaten setempat.
 
Dalam keterangan tertulis, Kepala BPJAMSOSTEK Sidoarjo, Ainul Kholid, Kamis, mengatakan, melalui sosialisasi tersebut pihaknya memberikan pemahaman akan pentingnya manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja.
 
"Terdapat empat program di BPJS Ketenagakerjaan di antaranya, JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), JHT (Jaminan Hari Tua), dan JP (Jaminan Pensiun). Masing- masing program memiliki ranah perlindungan yang berbeda beda terhadap peserta," ujarnya.
 
Ia menjelaskan, program JKK melindungi pekerja mulai dari berangkat bekerja, selama bekerja, sampai pekerja kembali ke rumah. Sedangkan untuk program JKM diberikan kepada ahli waris peserta apabila peserta meninggal dunia.
 
"Sedangkan program JHT merupakan program berkonsep tabungan, yang nantinya bermanfaat bagi peserta untuk persiapan hari tua. Manfaat program JP dapat diterima oleh peserta yang telah memasuki usia pensiun yaitu 57 tahun," tukasnya.
 
Sementara itu, Ketua KORMI Sidoarjo Hadi Sutjipto mengatakan pengurus KORMI mendukung penuh program-program BPJS Ketenagkerjaan dan mewajibkan para pengurus dan anggotanya serta menginstruksikan untuk seluruh komunitas cabang olahraga di bawah KORMI mendaftar.
 
"Karena memang manfaat programnya banyak, dan kita juga ada MoU yang mewajibkan pengurus dan anggota serta cabang olahraga terdaftar," kata Hadi Sutjipto.
 
Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada enam pengurus KORMI yang sudah menjadi peserta serta akuisisi secara langsung oleh Perisai kepada anggota KORMI dan komunitas cabang olahraga yang mendaftar setelah selesai sosialisasi.
 
Pada sosialisasi tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri kurang lebih 80 anggota KORMI serta 10 perwakilan dari komunitas cabang olahraga mulai dari sepeda lipat, senam jantung sehat, panahan, sepeda tua. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021