Pemerintah Kota Mojokerto semakin memperbanyak pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem pelayanan pemerintahan, salah satu terobosan baru dilakukan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melalui aplikasi Sistem Informasi Cuti ASN Elektronik, yang disingkat "Si Cantik".
 
Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari saat sosialisasi aplikasi Si Cantik di Ruang Nusantara, Kantor Pemkot Mojokerto, Selasa, menyampaikan bahwa aplikasi Si Cantik merupakan layanan bagi ASN yang telah terintegrasi secara langsung dengan database Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg).
 
"Aplikasi Si Cantik ini tidak lain untuk mempermudah pengurusan cuti, pembuatan rekapitulasi, serta perhitungan jumlah cuti yang diambil oleh ASN," kata Ning Ita, panggilan akrab Wali Kota Mojokerto.
 
Ia mengatakan adanya pengurusan cuti online ini dapat memangkas alur birokrasi yang terlalu panjang sehingga jauh lebih efisien dan praktis.
 
Ning Ita juga berpesan kepada seluruh ASN Pemkot Mojokerto agar dapat memaksimalkan aplikasi Si Cantik dengan sebaik mungkin.
 
"Untuk OPD lain, kami meminta supaya melek teknologi, sehingga mampu melahirkan inovasi baru yang dapat membawa kemajuan bagi Kota Mojokerto dengan memanfaatkan teknologi masa kini," tukasnya.
 
Kepala BKPSDM Kota Mojokerto Muhammad Imron menjelaskan bahwa sekarang ini sedang dibutuhkan data kepegawaian yang valid, terkini, dan selaras dengan peraturan kepegawaian yang berlaku.
 
"Data semacam ini dapat terwujud jika operator Simpeg sebagai ujung tombak dari pelaksanaan peremajaan data dapat mengoperasionalkan aplikasi dengan baik dan benar," jelasnya.
 
Sosialisasi aplikasi Si Cantik dilaksanakan selama dua hari (23-24 Maret 2021) dan diikuti sekitar 125 orang yang terdiri dari operator Simpeg dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, kelurahan, puskesmas, dan UPT Sekolah. Untuk menaati protokol kesehatan, pelaksanaan sosialisasi aplikasi Si Cantik terbagi menjadi dua kelompok.
 
Hari pertama diikuti oleh 61 orang, sedangkan 64 orang yang lain mengikuti sosialisasi pada hari kedua.

Aplikasi Si Cantik ini dapat akses melalui http://bkd.mojokertokota.go.id/sicantik. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021