Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan Situbondo, Jawa Timur, mencatat capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2020 mencapai Rp14, 8 miliar.

Dengan demikian, capaian PNBP tahun 2020 ini meningkat bila dibandingkan capaiai PNBP tahun 2019 yang terealisasi Rp12,4 miliar.

"Setiap tahun untuk PNBP kami diberi target, dan alhamdulillah PNBP 2019 terealisasi Rp12,4 miliar dari target Rp8 miliar, pada 2020 yang ditargetkan Rp10 miliar terealisasi Rp14,8 miliar," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan Situbondo, Kapten Miftakhul Hadi di Situbondo, Jumat.

Menurut ia, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) selama dua tahun terakhir terus mengalami peningkatan, seiring petugas KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo,  mengoptimalkan potensi-potensi yang ada untuk menambah PNBP.

"Peningkatan PNBP selama dua tahun terakhir (2019-2020), kami memaksimalkan potensi yang ada dengan menagih kepada pengguna jasa, salah satunya sewa perairan," kata Miftakhul Hadi.

Ia mengaku, pada tahun 2021 KSOP Kelas IV Panarukan kembali diberi target PNBP sebesar Rp12,7 miliar. "Sesuai arahan Menteri Perhubungan, kami akan terus bekerja maksimal untuk pendapatan negara dengan menagih kepada pengguna jasa," katanya.

Miftakhul hadi menambahkan, untuk memenuhi target Penerimaan Negera Bukan Pajak pada tahun 2021, ia akan bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dengan mebarik-kapal berkegiatan di pelabuhan-pelabuhan yang ada di wilayahnya.

"Tentu untuk mencapai target PNBP, kami akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah, dan saya meyakini akan ada pandangan yang cerah (kegiatan kapal di Pelabuhan Panarukan) pada tahun ini, semoga ini dapat memenuhi target PNBP," katanya.

KSOP Kelas IV Panarukan Situbono memperoleh penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bondowoso, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, pada Kementerian Keuangan.

Tiga piagam penghargaan itu, yakni penghargaan Terbaik I Pengguna Kartu Kredit Pemerintah Teraktif tahun 2019, penghargaan Terbaik I Pengelola Belanja Pegawai Gaji Tahun 2020 dan Terbaik 3 Pengelola Belanja Gaji Pegawai Semester I Tahun 2020. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021