Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, tetap membagikan paket bahan pokok kepada warga maupun keluarganya yang terpapar COVID-19 dan menjalani isolasi, sebagai upaya meringankan beban mereka.

"Kami tetap melakukan pengiriman bahan pokok kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri karena COVID-19," kata Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto di Kediri, Jumat.

Pemkot tetap memberikan perhatian kepada mereka yang menjalani isolasi diri karena terpapar COVID-19. Bantuan paket bahan pokok tersebut antara lain beras, telur, kecap, sarden, hingga minyak goreng.

Ia juga menambahkan bahwa per kepala keluarga yang isolasi itu mendapatkan dua paket bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan selama menjalani isolasi. Diharapkan dengan bantuan itu, meringankan beban mereka.

Sementara itu, untuk warga yang menjalani isolasi di rumah sakit juga tetap mendapatkan bantuan yang diberikan kepada keluarganya yang ada di rumah.

Pemkot sudah menyiapkan bantuan dalam jaring pengaman sosial membantu warga terdampak COVID-19.

"Walaupun dirawat di rumah sakit, keluarga yang di rumah juga perlu isolasi mandiri, jadi akan tetap kami berikan bantuan paket bahan pokok," kata dia.

Pihaknya juga selalu memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang sedang melakukan isolasi mandiri. Hal ini penting dilakukan guna memaksimalkan proses isolasi mandiri yang dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Meski sudah ada vaksin, protokol kesehatan wajib untuk tetap dilakukan," kata dia.

Pemkot juga sudah memulai proses pemberian vaksin COVID-19 di tahap kedua ini. Kegiatan tersebut dimulai sejak Kamis (25/2) hingga saat ini.

Di Kota Kediri, untuk tahap dua, sebanyak 2.450 vial vaksin COVID-19 datang dan langsung didistribusikan ke fasilitas kesehatan. Proses pendistribusian juga tetap dikawal jajaran polisi guna memastikan pendistribusian aman.

Sebelumnya, pada tahap pertama terdapat kurang lebih 4.328 orang yang diberikan suntikan vaksin COVID-19 di kota ini, atau sudah 99,01 persen yang telah diberi suntikan vaksin COVID-19. Mereka adalah  petugas medis dan unsur forkopimda.

Di Kota Kediri, hingga Kamis (25/2) ada 1.176 warga yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah itu, 16 orang masih dirawat, satu orang dipantau, 1.044 orang telah sembuh, dan 115 orang telah meninggal dunia.


 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021