Sebanyak 1.600 Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur disuntik vaksin COVID-19, sebagai lanjutan program vaksinasi tahap kedua di wilayah itu, setelah sehari sebelumnya vaksinasi menyasar TNI, Polri serta puluhan jurnalis yang bertugas di Gresik.

Pelaksana Harian Bupati Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno di Gresik, Rabu, menjadi orang pertama dari kalangan ASN yang divaksin COVID-19, setelah melalui proses screening atau pemeriksaan saat meninjau pelaksanaan program itu.

"Kabupaten Gresik telah menerima 20 ribu dosis vaksin COVID-19. Untuk tahap ini, kami menargetkan vaksinasi bagi 10 ribu penerima. Sasarannya yakni ASN, TNI, Polri dan juga instansi vertikal di Kabupaten Gresik," kata Abimanyu, usai pelaksanaan vaksinasi di Gresik.

Ia mengatakan, pemberian vaksin kepada ASN karena sebagai pelayan publik yang rentan terpapar COVID-19, sehingga menjadi salah satu prioritas utama penerima vaksin.

Ia menargetkan vaksinasi tahap II akan selesai dalam pekan ini, sehingga bisa secepatnya mengajukan kembali persediaan vaksin COVID-19 untuk diberikan kepada masyarakat yang belum menerima.

"Kami bergerak cepat agar dalam minggu ini pelaksanaan vaksinasi kepada 10 ribu penerima segera selesai. Setelah itu akan kami ajukan kembali persediaan vaksin untuk selanjutnya diberikan kepada masyarakat yang belum menerima vaksin," tuturnya menjelaskan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Reza Pahlevi menyebutkan vaksinasi hari ini bagi para ASN dilaksanakan di sejumlah titik, masing-masing Gedung Pemkab Gresik, seluruh Puskesmas dan juga sejumlah rumah sakit di Kabupaten Gresik.

Reza mengatakan, para ASN akan menjalani vaksinasi sebanyak 2 kali, dan untuk hari ini adalah pemberian dosis pertama, kemudian 14 hari ke depan akan dilakukan vaksinasi lagi dosis kedua.

"Kami minta para ASN yang telah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, karena perlu waktu 14 hari setelah vaksinasi dosis kedua barulah tercipta imun kekebalan tubuh seseorang penerima vaksin," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021