Produk peralatan dapur atau kitchen appliances banyak diburu konsumen selama pandemi COVID-19 tahun 2020 dibanding produk rumah tangga lainnya.

Situasi ini salah satunya dipicu dari meningkatnya kegiatan memasak di rumah yang dilakukan masyarakat, selain juga bergeliatnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor makanan dan minuman selama pandemi.

"Selama pandemi tahun 2020, penjualan produk kitchen appliances kami mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi. Bisa mencapai 70 persen," kata Branch Coordinator Modena Indonesia Hanggara Yulia Putra di sela penyerahan hadiah kepada konsumen yang menjadi salah satu pemenang undian Hujan Modena di Sidoarjo, Senin.

Peralatan dapur yang tercatat cukup laris selama pandemi seperti kompor gas tanam, kompor oven gas, standing oven dan kompor, hooker, dan kitchen sink. Selain itu, Modena juga mencatat penjualan cukup bagus untuk produk kotak pendingin yang mampu tumbuh hingga 50 persen.

"Kulkas atau lemari es mungkin sudah ada. Tapi, kini kehadiran freezer di rumah untuk menyimpan makanan beku di tengah banyaknya produk makanan beku menjadi penting. Untuk menunjang usaha kuliner rumahan," ujarnya.

Tanpa merinci angka, angga mengklaim pertumbuhan penjualan selama masa pandemi 2020 tercatat sekitar 20 persen dan tahun ini diharapkan bisa lebih meningkat.

"Bagi kami, Jawa Timur tetap sebagai salah satu pasar potensial penjualan produk-produk Modena. Tidak hanya peralatan dapur, tapi untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Edi Murtono, salah satu konsumen yang mendapatkan apresiasi dari program Hujan Modena, mengaku tidak menyangka bisa memenangkan undian hadiah berupa mesin pemanas air (water heater).

"Kebetulan saya banyak membeli water heater gas Modena. Terakhir membeli lima unit untuk memenuhi permintaan pemesanan di vila-vila yang ada di Tretes dan Trawas, Mojokerto," jelas Edi yang menerima hadiah di supermarket Depo Bangunan, Gedangan, Sidoarjo.

Edi Murtono merupakan satu dari 39 pemenang undian Hujan Modena tahun 2020 dari periode 5 Oktober sampai 31 Desember. Ada lebih dari 4.000 kupon yang diundi secara nasional dengan hadiah utama tour wisata ke Eropa, Bali, dan hadiah aneka produk dari Modena. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021