Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta memberikan 109 penghargaan kepada jajaran Polres yang telah membina Kampung Tangguh Semeru (KTS) dan anggota dengan prestasi terbaik melalui acara "Kapolda Jatim Awards 2021" di Surabaya, Kamis.

"Penghargaan ini diberikan sebagai motivasi kepada anggota di seluruh Jawa Timur yang sudah bekerja dengan baik," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta di sela acara.

Adapun sebanyak 66 penghargaan diberikan pada anggota dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jajaran Polres dan Polsek. 39 penghargaan juga diberikan untuk Polres, Polresta dan Polrestabes mewakili KTS terbaik di tiap daerah. 

Penghargaan Polresta terbaik atas dedikasi dan loyalitas dalam menjalankan tugas pokok Polri 2020 diberikan pada Polresta Banyuwangi. 

Sedangkan tiga penghargaan Polres terbaik, yakni pertama Polres Trenggalek, kedua Polres Tuban, dan ketiga Polres Malang. 

Untuk proses penilaian dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo. Penilaian itu untuk menjaring dan melakukan parameter penilaian kepada setiap anggota yang telah bekerja dengan baik. 

Kapolda mengatakan penilaian dari tim penjaring dimulai sejak enam bulan lalu, yakni Oktober 2020 untuk mencari orang yang tepat mendapat penghargaan. Penilaian dilihat dari pembinaan maupun operasionalnya. 

Namun untuk anggota teladan dinilai dari sikap-sikap perwujudan Tribrata dan sikap-sikap perwujudan Catur Prasetya.

"Penilaian anggota mulai dari kejujuran, loyalitas, dan dedikasi yang tinggi dalam mengemban tugas. Bukan berarti yang lainnya tidak bagus, tetapi dari beberapa parameter penilaian dan perdebatan yang sengit, sehingga diputuskan pemenangnya," ungkapnya. 

Irjen Nico mengucapkan selamat bagi anggota, bagi KTS, dan Kesatuan yang telah mendapatkan penghargaan. 

"Saya mengimbau, mengajak kepada anggota, kepada pimpinan KTS, kepada  kesatuan yang lain, untuk tetap semangat dalam bekerja, tetap melaksanakan tugas wewenang tanggung jawab dengan baik. Karena di manapun kita bertugas, selama kita mendapat surat keputusan, maka tugas wewenang dan tanggung jawab melekat kepada kita," ujarnya. 

Selain itu, Irjen Nico juga berpesan kepada anggotanya untuk membangun komunikasi yang baik sebagai kunci keberhasilan dan pekerjaan akan lebih baik. 

Sebab menurutnya, tidak semua orang mempunyai pemikiran yang sama, sehingga diperlukan jalinan komunikasi yang baik antara anggota, dengan pimpinan, dengan lingkungan, maupun dengan masyarakat, untuk mencapai satu tujuan. 

"Perlu bertemu melaksanakan anev, melaksanakan komunikasi, sehingga tujuan organisasi bisa tercapai. Jika ada kesatuan berhasil, anggota berhasil, Kabag, Kasat bisa berhasil, pasti komunikasinya baik. Karena bisa menyampaikan apa yang diinginkan, sehingga tujuannya bisa tercapai, hasil tidak akan menghianati proses," katanya. (*)
 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021