DPW Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur mengirim “Spiderman” dan “Iron Man” untuk membantu memulihkan trauma anak-anak di lokasi bencana banjir di Kalimantan Selatan.

“Mereka berdua ke sana untuk menghibur dan memotivasi anak-anak agar bisa segera kembali kehidupannya seperti sedia kala, tanpa bayang-bayang bencana,” ujar Ketua Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan di sela melepas dua relawan yang akan dikirim ke Kalsel di Surabaya, Rabu.

Relawan yang menggunakan kostum “super hero” dipilih dari Deputy Penanggulangan Bencana DPW PKS Muhammaf Hamid Muzaki dan Abrarozasi yang memiliki kompetensi dalam bidang pemulihan trauma.

Menurut dia, bantuan yang diberikan ini merupakan tahap awal karena memang dalam penanganan pascabencana juga perlu diperhatikan kesinambungannya.

“Selain menjalankan program trauma healing selama tiga hari di sana, kedua relawan tersebut juga bertugas memastikan bantuan tahap awal berjalan dengan baik,” ucap Kang Irwan, sapaan akrabnya.

Tak itu saja, di lokasi bencana para relawan juga melakukan manajemen posko dan relawan, distribusi bantuan ke titik bencana, hingga turun ke lapangan membantu warga serta belanja kebutuhan pokok korban banjir.

Sepulang dari Kalimantan Selatan, kata dia, kedua relawan akan membuat kajian tentang kondisi yang ada di tempat bencana agar pihaknya mendapatkan informasi utuh tentang kebutuhan para korban bencana banjir.

“Ini juga sebagai dasar pengiriman bantuan di tahap kedua nantinya,” tutur mantan anggota DPRD Jatim tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021