Dinas Sosial Kota Kediri menyebut bantuan bahan pokok untuk keluarga yang melakukan isolasi mandiri karena terdampak COVID-19 juga mendukung kebutuhan gizi keluarga tersebut. 

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut mengatakan bantuan yang diberikan antara lain beras, telur, kecap, dan minyak goreng. 

"Program ini adalah salah satu upaya Pemkot Kediri agar warga yang sedang menjalani isolasi mandiri terjamin gizi pada makanannya. Sebab, warga yang melakukan isolasi mandiri tentunya kesulitan mendapatkan bahan pangan," katanya di Kediri, Jumat. 

Dinas Sosial Kota Kediri menyalurkan paket bantuan untuk warga yang melakukan isolasi mandiri terkait pandemi COVID-19. Paket bantuan sembako sudah disalurkan kepada warga di sejumlah lokasi.
 
Menurut Kutut, data lokasi warga yang melakukan isolasi mandiri didapatkan dari beberapa sumber, meliputi data persebaran kasus COVID-19 oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Kediri maupun yang disampaikan oleh Wali Kota Kediri dan dari kelurahan setempat, yang diperoleh dari hasil laporan masing-masing ketua RT/RW.

"Bagi pemohon bantuan bahan pokok isolasi mandiri, mereka harus melakukan beberapa prosedur yaitu harus membuktikan bahwa mereka benar-benar terpapar COVID-19 dengan melampirkan surat keterangan COVID-19 dari rumah sakit atau puskesmas, di surat permohonan yang dikirimkan," jelasnya.

Dengan adanya bantuan ini, Pemkot Kediri berharap dapat membantu masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan selama masa isolasi.

"Semoga pandemi ini segera berakhir, jangan lupa untuk selalu waspada dengan tertib protokol kesehatan 3M dan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat," pesan Kutut. 

Di Kota Kediri, data COVID-19 per Kamis (14/1) ada sebanyak 845 orang telah terkonfirmasi positif COVID-19. Ada 202 orang suspect dan 30 dengan status probable.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021