Operasi Lilin Semeru 2020 Polres Situbondo, Jawa Timur, gencar melaksanakan patroli ke sejumlah destinasi atau tempat tujuan wisata kabupaten setempat dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan COVID-19.

Dalam pelaksanaan patroli di sejumlah titik lokasi objek wisata, masih ditemukan beberapa destinasi wisata yang dikunjungi masyarakat pada libur tahu baru, polisipun langsung meminta warga pulang ke rumah masing-masing.

"Kami dari petugas melakukan tindakan dengan humanis melalui imbauan dan teguran kepada pengelola wisata serta kepada warga yang masih bandel tidak patuh protokol kesehatan serta imbauan pemerintah," ujar Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Indah Citra Fitriani di Situbondo, Minggu.

Patroli ke tempat tujuan wisata juga dilaksanakan bersama kepolisian sektor jajaran dengan sasaran tempat-tempat wisata untuk mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.
 
Petugas dari Kepolisian Resor Situbondo saat patroli di salah satu wisata pantai di Situbondo, dan meminta pengunjung pulang ke rumah masing-masing. Minggu (3/1/2021) (ANTARA/HO-istimewa)

Menurut AKP Indah, dalam pelaksanaan patroli ke lokasi wisata itu memang masih ditemukan destinasi wisata yang dikunjungi masyarakat lokal yang menikmati libur tahun baru.

Akan tetapi, lanjut dia, jumlah warga yang berkunjung sangat sedikit dan petugas juga telah mengambil tindakan dengan mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan jaga jarak serta diminta untuk segera pulang kerumah masing-masing.

"Selain memberikan imbauan dan teguran kepada warga, petugas juga membagikan masker kepada masyarakat disertai pembinaan agar disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 3M," tuturnya.

Data sebaran COVID-19 di Situbondo, hingga hari ini tercatat sebanyak 1.117 kasus, dengan rincian pasien sembuh 1.523 orang, dalam perawatan 70 pasien (rawat di rumah sakit 26 orang dan 44 orang isolasi mandiri), dan 124 orang meninggal dunia. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021