PT BRI Manado menyiapkan likuiditas dalam memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat menghadapi Natal 2020.

"Setiap tahun kami siapkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan dana baik tunai maupun layanan non tunai," kata Pemimpin BRI Kanwil Manado Rudy Andimono, di Manado, beberapa waktu lalu.

Rudy mengatakan akhir-akhir ini pola masyarakat bertransàksi keuangan sudah banyak beralih menggunakan non tunai, sehingga persiapan dana tunai tidak begitu banyak lagi.

Seperti pada perayaan Lebaran 2020, dana tunai yang disiapkan hanya terpakai sekitar 30 persen, selebihnya nasabah menggunakan layanan digital.

"Meski begitu, BRI tetap siapkan dana tunai," katanya.

Memang harus diakui, katanya, perubahan pola digitalisasi sampai transaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) juga menurun akibat kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Likuiditas adalah kemampuan bank untuk memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo. 

Jika bank memiliki sejumlah alat pembayaran pada saat tertentu, ini disebut sebagai kekuatan membayar. Namun, memiliki kekuatan membayar tidak selalu berarti memiliki kemampuan likuiditas.

Dalam perbankan, likuiditas adalah hal yang amat penting. Bank yang memiliki kemampuan likuiditas lebih mudah untuk memelihara kepercayaan masyarakat. (*) 
 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020