Waduk Lecari di Dusun Sumberejo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur, diubah menjadi destinasi wisata alam yang asri dan pengunjung juga dapat menikmati kuliner olahan ikan tawar.

Kawasan Waduk Lecari ini dulunya merupakan sungai yang kotor, namun dengan tekad warga desa setempat dan peduli kebersihan lingkungan, kini menjadikan sungai lebih bersih berhasil menjadikan kawasan waduk di kawasan itu menjadi destinasi yang menarik, dan dilengkapi fasilitas wisata seperti perahu wisata hingga area memancing ikan.

"Kami mengapresiasi kepada warga yang telah berinovasi, mengangkat potensi yang ada di desa ini. Memanfaatkan waduk sungai yang tadinya kotor, berhasil diubah menjadi kawasan yang menarik," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke Waduk Lecari, Rabu.

Dalam kunjungan Bupati Anas ke Waduk Lecari itu, ia juga berkesempatan melakukan penebaran 40 ribu benih ikan nila merah di waduk yang saat ini menjadi tujuan wisata.
Wisata Waduk Lecari Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Waduk Lecari merupakan bagian dari sungai yang mengalir di perbatasan Desa Wringinagung dan Desa Tegalsari. Sungai tersebut dibendung hingga menjadi waduk yang dimanfaatkan untuk mengairi sawah.

Sebelumnya, waduk ini tidak terawat dan penuh sampah, namun atas inisiatif desa dan pendampingan dari kecamatan serta dinas terkait, warga desa mulai bergerak untuk memaksimalkan potensi waduk dengan mengembangkan sektor perikanan dan pariwisata.

"Selama ini Pemkab Banyuwangi mendorong warga untuk memaksimalkan potensinya bukan sekadar untuk menciptakan pariwisata, tetapi yang lebih penting bagaimana mengubah budaya warga menjadi lebih baik," kata Azwar Anas.

Menurut Anas, yang sebelumnya di sungai kawasan Waduk Lecari masih ada kebiasaan BAB di sungai, sekarang sudah tidak ada, termasuk membuang sampah di sungai sekarang justru merawatnya.

"Sudah saatnya sungai tidak lagi menjadi halaman belakang, tapi menjadi wajah desa yang indah dan membanggakan," katanya.

Wisata Waduk Lecari menawarkan sejumlah fasilitas menarik yang bisa dinikmati pengunjung, kuliner terdapat beragam olahan ikan air tawar, mulai ikan seperti patin dan nila tersedia di sejumlah warung yang berada di kawasan Waduk Lecari.
 
Bupati Abdullah Azwar Anas berkunjung ke Wisata Waduk Lecari Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Selain kuliner, di kawasan tersebut disediakan peradu dayung dan kayuh yang bisa disewa untuk menyusuri perairan sungai sambil menikmati hawanya yang sejuk. Selain itu, di waduk ini wisatawan juga bisa menyalurkan hobi memancing ikan, di area pemancingan yang tersedia.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi Hary Cahyo Purnomo mengatakan wisata Waduk Lecari turut didukung oleh dinas sejak tahun 2018 melalui program Cipta Wisata Barkanli (tebar Ikan di Kali). Warga desa setempat diajak memelihara ikan keramba dengan spesialisasi ikan patin sebagai hasil unggulan desa.

"Dulunya waduk tidak terawat dan penuh sampah, lalu kami ajak warga melalui kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) dan Pokdarwis untuk memberbaiki lingkungan hingga budidaya benih ikan kami bagikan, termasuk benih patin yang ada saat ini," paparnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020