Tokoh nasional Fahri Hamzah meresmikan gapura makam Syekh Umar Sumbawa yang terletak di kawasan Ujung Timur Kota Surabaya, Kamis.

"Alhamdulillah ada ikhtiar kecil, yaitu membangun kompleks dua tokoh besar yang pelan-pelan terungkap. Begitulah orang-orang besar, kita tidak dengar, Insha Allah dengan karunia Allah terungkaplah," ujarnya.

Sebagai putra Sumbawa, Fahri merasa bersyukur bertemu dengan pengurus makam waliyullah Syekh Umar Sumbawa, Djaun Fahmil Ilmi atau Gus Fahmi yang merupakan keturunan KH Hasbullah, seorang tokoh ulama yang kali pertama memakmurkan makam Syekh Umar Sumbawa.

"Kami bertemu dan berkolaborasi untuk mengembangkan tempat ini. Bukan hanya soal materil ekonomi bisa tumbuh, tapi yang paling penting nilai sejarah, nilai perjuangan," tuturnya.

Sementara itu, Gus Fahmi menyampaikan, bagaimana KH Hasbullah yang merupakan tokoh ulama besar pada waktu itu menyelamatkan jasad Syekh Umar Sumbawa. 

Gus Fahmi juga bercerita bagaimana jasad Syekh Umar Sumbawa bisa terdampar di pesisir Kedung Cowek.

Selebihnya, dia menjelaskan makam Syekh Umar Sumbawa yang banyak dikunjungi para peziarah dari dalam negeri maupun mancanegara. 

"Peziarah datang sampai berbus-bus di sini. Bahkan ada yang dari Kalimantan dan Malaysia," ucap Gus Fahmi.

Sementara itu, Ketua Ikatan Kerukunan Keluarga Sumbawa (IKKS) Tansil Mu'is menyampaikan terima kasih atas peresmian dan silatuhrahim tersebut sehingga keluarga Sumbawa kembali berkumpul.

"Insha Allah untuk tahun-tahun selanjutnya setiap tahun akan ada haul,” tuturnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020