Para pengunjung memadati sejumlah tempat wisata yang berada di sepanjang jalan tembus Sarangan-Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang merupakan jalur wisata di lereng Gunung Lawu saat libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dan cuti bersama.

Tidak hanya wisata Telaga Sarangan, sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut juga dipadati wisatawan. Seperti Kebun Bunga Refugia, Mojosemi Forest Park, Mba Djo Resort, dan banyak lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Joko Trihono, Sabtu, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke Magetan meningkat pada momentum libur panjang akhir pekan ini. Peningkatan terpantau sejak hari Rabu (28/10) dan diperkirakan berlangsung hingga Minggu (1/11).

"Hal itu karena masyarakat sudah banyak yang jenuh dengan kondisi pandemi sehingga mereka ingin keluar rumah dan berwisata saat libur panjang," kata Joko.

Dinas Pariwisata Magetan telah berkoordinasi dengan pengelola wisata di seluruh Magetan agar mentaati protokol kesehatan dalam melayani wisatawan yang berkunjung guna mencegah penyebaran COVID-19, yakni dengan menambah penyediaan tempat cuci tangan di lokasi wisata.

Selain itu juga memaksimalkan petugas untuk memantau dan mengingatkan pengunjung yang bergerombol atau yang tidak memakai masker agar mematuhi protokol kesehatan.

Dinas juga meminta pengelola tempat wisata untuk memberlakukan pembatasan pegunjung jika jumlah wisatawan yang datang ke lokasi membludak. Setelah jumlah sesuai prokes, penerimaan wisatawan bisa kembali dilakukan.

Ia menambahkan, berwisata dengan tetap mematuhi protokol kesehatan menjadi solusi berlibur yang aman di tengah pandemi COVID-19. Seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak.

Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Mojosemi Forest Park. Suasana alam di tengah hutan pinus lereng Gunung Lawu ditambah dengan aneka macam wahana permainan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata yang dikelola pihak swasta tersebut.

Tidak hanya mengandalkan wahana yang ada, saat libur panjang, pihak pengelola berupaya menarik wisatawan dengan pertunjukan dinosaurus.

Para pengunjung memadati lokasi wahana dinosaurus ditampilkan yang menjadi daya tarik baru bagi, terutama wisatawan dari kalangan keluarga.

"Wahana dan pertunjukan dinosaurusnya seru. Anak-anak merasa senang dan terhibur setelah jenuh karena lama menghadapi sekolah secara daring," kata seorang wisatawan asal Madiun, Yunita.

Pihaknya berkunjung ke kawasan wisata lereng Gunung Lawu bersama keluaganya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020