Komunitas Indonesia Timur meraih dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) masing-masing donor darah oleh komunitas terbanyak dan donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Bapak Komunitas Indonesia Timur sekaligus perwakilan dari PT SCM Gunawan Prasetyo dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis, mengatakan donor darah yang dilakukan anggota komunitas itu dalam rangkaian kegiatan Hari Sumpah Pemuda.

"Kegiatan ini menjadi momentum istimewa bagi ratusan komunitas di 58 kota atau kabupaten di Indonesia timur," katanya.

Menurut ia, di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi di berbagai daerah, komunitas dengan ribuan anggota ini berkolaborasi menyingsingkan lengan menggelar program donor darah bertajuk "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri.

"Program kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota atau kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna," ujarnya.

Ia merinci peserta yang terlibat donor darah ini tergabung dalam beberapa komunitas besar, seperti SuperSoccer, SuperAdvanture, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna di berbagai desa Indonesia Timur.

"Donor darah ini berlangsung selama periode 7-28 Oktober 2020 dan diproyeksikan akan melibatkan 10.648 pendonor," ucapnya.

Pelaksanaan kegiatan tetap disiplin dan tegas menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yaitu menggunakan masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan atau menggunakan cairan pembersih tangan

"Kegiatan ini sekaligus menjadi kelanjutan dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi pada Hari Raya Kurban di bulan Juli lalu," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020