Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya tetap membuka pelayanan kepada masyarakat, selama libur dan cuti bersama 2020.

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji di Surabaya, Kamis mengatakan dengan dibukanya pelayanan selama momen libur panjang ini, penting dilakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh masyarakat.

"Ini juga untuk memastikan pelayanan secara daring yang ada di aplikasi www.klampid.disdukcapilsurabaya.id tetap diproses oleh petugas," katanya.

Menurut dia, petugas Dispendukcapil Surabaya tetap masuk untuk memberi pelayanan daring sesuai dengan jadwal. Apalagi masyarakat dapat menginput data dan mengakses website atau laman bisa dari mana saja.

Agus menjelaskan, berikutnya untuk pelayanan tatap muka, seperti perekaman KTP elektronik, juga tetap dilayani. Bahkan, kata dia, dalam sehari Agus menghitung untuk pelayanan tatap muka diberi kapasitas sebanyak 250 orang.

"Karena perekaman ini mengharuskan tatap muka, maka kami beri kapasitas 250 per hari, tetapi untuk pendaftarannya perekaman harus melalui daring dahulu," ujarnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan selama libur nasional ini berlangsung, pelayanan tatap muka dibuka sejak pagi pukul 08.00–18.00 WIB. Bagi para petugas dibagi menjadi beberapa shift selama libur beberapa hari ke depan, yakni untuk shift pertama pukul 08.00–13.00 WIB dan shift kedua 13.00–18.00 WIB.

Untuk Rabu (28/10), Agus menghitung ada sekitar 31 orang yang telah melakukan perekaman. Oleh karena itu, ia berharap jika masyarakat ingin mengurus perekaman KTP elektronik maka segera mendaftar via daring dan akan ditindaklanjuti oleh petugas untuk perekaman.

"Jadi akan kami tindaklanjuti sesuai dengan jadwal. Tidak perlu khawatir libur nasional ini. Apapun pelayanan berbasis daring yang terdapat dalam laman tersebut juga tetap akan diproses," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020