Calon Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas didaulat menjadi pembina asosiasi komunitas olahraga elektronik (e-Sports) Banyuwangi.

"Penggemar e-sports di Banyuwangi saat ini semakin meningkat, karena itu dibutuhkan wadah bagi mereka. Kami mengangkat Bu Ipuk sebagai pembina karena memiliki kepedulian terhadap pengembangan olahraga," ujar Ketua Banyuwangi e-Sports Association (BETA) saat pembukaan Milenial E-Sport Competition Season 2 dan sekaligus deklarasi pembentukan BETA, di Galeri Aspirasi Ipuk-Sugirah, Jumat malam.

Pengangkatan Ipuk sebagai pembina ditandai dengan penandatanganan deklarasi yang dilakukan oleh Ipuk. 
Firzoun pun mengatakan selama ini olahraga elektronik Banyuwangi belum terorganisir, padahal di berbagai kecamatan terdapat klub-klub olahraga elektronik.

"Diharapkan dengan asosiasi ini bisa mewadahi para pencinta e-sports Banyuwangi dan nantinya bisa melahirkan atlet e-sports yang berprestasi," kata Firzoun.

Ia menjelaskan bahwa selama beberapa tahun terakhir di Banyuwangi telah digelar kompetisi e-sports yang didukung penuh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Karena itu dia berharap, dengan Ipuk menjadi pembina asosiasi program-program tersebut bisa dilanjutkan dan ditingkatkan.

Sementara itu, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan bahwa di era digital ini ada peluang profesi yang cukup bagus, salah satunya di bidang olahraga elektronik ini.

"Saat ini main game tidak bisa diremehkan, apalagi e-sports sudah dipertandingkan di Asian Games," kata Ipuk.

Ipuk mendorong agar pemain olahraga elektronik memiliki orientasi prestasi. "Saya lebih suka menyebut mereka sebagai atlet daripada player. Karena kalau atlet orientasinya adalah prestasi. Asosiasi ini gunakan sebagai wadah untuk meraih prestasi," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020