Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu, menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Karna Suswandi-Nyai Hj Khoirani (Karunia) dan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi. Penetapan pasangan calon ini menerapkan protokol  kesehatan COVID-19.

"KPU menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Situbondo Karna Suswandi-Nyai Hj Khoirani (Karunia) dan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi," kata Divisi Teknis dan Penyelenggara pada KPU Kabupaten Situbondo Iwan Suryadi saat membacakan penetapan pasangan calon Pilkada 2020 di aula Hotel Rosali di Situbondo, Rabu.

Setelah SK penetapan pasangan calon dibacakan oleh kimisioner KPU, langsung mendapat  tepuk tangan dari kubu  masing-masing pasangan calon dan perwakilan partai politik yang hadir.

 Dalam acara penetapan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada 9 Desember mendatang itu Ketua KPU Situbondo Marwoto mengatakan bahwa sebelum penetapan tersebut, dilakukan rapat pleno tertutup bersama semua komisioner KPU.

"Pengumuman penetapan itu bisa dilihat melalui laman resmi KPU," kata Marwoto.

Sedangkan pada acara penetapan pasangan calon, lanjut dia, dengan mengundang kedua pasangan calon, petugas penghubung, serta ketua partai pengusung dan pendukung.

"Sekalian kami sosialisasi dana kampanye, karena tiga hari lagi masuk tahapan kampanye," tuturnya.

Sementara itu, Calon Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan setelah ditetapkan sebagai pasangan calon hari ini, selanjutnya akan terus berikhtiar bagaimana bisa terpilih menjadi bupati.

"Kami pasangan Karunia akan terus berikhtiar dengan menyosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat tahu visi dan misi kami dalam rangka melakukan perubahan Situbondo lebih baik dan perubahan Situbondo berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya (Berjaya)," katanya.

Sementara Calon Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi mengaku bersyukur karena hari ini telah resmi ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati oleh KPU.

"Tentunya ke depan dalam dua bulan sepuluh hari adalah masa kampanye, kami persiapkan bagaimana visi dan misi kami bisa diterima kuat di masyarakat," katanya.

Setelah hari ini KPU menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, selanjutnya pada Kamis (24/9) besok akan dilaksanakan tahapan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020