Tiga pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati mendaftar pada hari pertama sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Jumat.

Pasangan calon atau paslon pertama yang mendatangi KPU Tuban untuk mendaftar sebagai peserta Pilkada 2020 adalah Khozanah Hidayati - Muhammad Anwar yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan modal 16 kursi di DPRD.

Dalam kurun waktu hampir bersamaan, paslon Aditya Halindra Faridzki - Riyadi menyusul dan memasuki kantor KPU untuk mendaftar sebagai peserta Pilkada Tuban 2020.

Pasangan Aditya-Riyadi diusung tiga partai politik, yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera dengan total 15 kursi keterwakilan di DPRD setempat.

Berikutnya pada sore harinya, giliran pasangan Setiajit - R.M. Armaya Mangkunegara yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PPP, PAN, dan PBB (total 12 kursi) bergantian menyerahkan berkas pendaftaran Pilkada Tuban 2020.

Sementara itu, anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tuban Nur Hakim mengatakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan bahwa tahapan pendaftaran digelar tiga hari, yakni 4-6 September 2020.

Mengingat tahapan Pilkada Tuban ini berlangsung di masa pandemi COVID-19, proses pendaftaran dilakukan dengan aturan protokol kesehatan ketat, termasuk teknis penyampaian berkas atau dokumen.

"Hanya bakal calon dan perwakilan partai pengusung, serta pembawa berkas yang diperbolehkan memasuki ruang pendaftaran. Pengantar harus menunggu di luar,” katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020