Hari pertama pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Kantor KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat, tidak ada satupun pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar.

"Hari pertama pendaftaran Pilkada 2020, belum ada yang mendaftar. Tentunya kami akan terus menunggu hingga tanggal 6 September 2020," ujar Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto di Situbondo.

Ia mengemukakan bahwa untuk mendaftar, para pasangan bakal calon harus menyerahkan dokumen pencalonan seperti B1 KWK rekomendasi dari partai politik dan BB1 KWK baik parpol pengusung dan parpol pendukung.

Setelah bakal calon bupati dan wakil bupati menyerahkan dokumen pendaftaran, lanjut dia, nantinya dokumen tersebut akan dicek satu persatu dan kelengkapan lainnya. Dan ketika telah dinyatakan lengkap langsung diunggah ke aplikasi pencalonan.

"Aplikasi pencalonan juga sebagai server ketika tidak lengkap tidak keluar atau akan tampil di aplikasi. Untuk sementara yang bisa buka aplikasi hanya KPU kabupaten dan KPU RI," ujarnya.

Marwoto menjelaskan, pasangan bakal calon yang mendaftar dan dokumennya dinyatakan lengkap nantinya akan menerima dua dokumen, yakni tanda terima bahwa sudah memenuhi syarat dan kedua menerima surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan pada tahapan selanjutnya.

"Pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon dilaksanakan di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang. Dilaksanakan mulai tanggal 7 September 2020 tes usap, tanggal 8 September 2020 pemeriksaan jasmani, dan 9 September 2020 pemeriksaan rohani atau psikologi," katanya.

Hasil pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon, katanya, maksimal diterima dan diumumkan oleh KPU Kabupaten Situbondo, pada tanggal 12 September 2020.

"Hasil pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon, nantinya akan disampaikan ke LO masing-masing nantinya. Untuk penetapan bakal calon akan dilaksanakan pada 23 September 2020, dan keesokan harinya pengambilan nomor urut," katanya.

KPU memberikan waktu tiga hari bagi para pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, yakni mulai hari ini, hingga Minggu, 6 September 2020.

Kontestasi pilkada Situbondo kali ini, hampir bisa dipastikan ada dua pasangan bakal calon, yakni bakal calon bupati Karna Suswandi berpasangan dengan Nyai Hj Khoirani (Karunia), dan Yoyok Mulyadi berpasangan dengan Abu Bakar Abdi (Mulya-Abadi). (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020