Pasien terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (COVID-19) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, hari ini kembali bertambah 12 orang sehingga total keseluruhan pasien corona berjumlah 225 orang.

Pada hari ini pula juga terdapat pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 sebanyak tiga orang, yakni pasien nomor 85, 92, dan pasien 94. Dua dari tiga orang pasien sembuh itu merupakan tenaga kesehatan.

"Sampai dengan hari ini tercatat 225 kasus COVID-19, dengan rincian sebanyak 84 orang pasien dinyatakan sembuh, dalam perawatan 132 pasien dan sembilan orang meninggal dunia," ujar kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono di Banyuwangi, Rabu malam.

Ia mengemukakan bahwa sebagian pasien yang hari ini dinyatakan positif terinfeksi virus corona merupakan santri di salah satu pondok pesantren. Total ada tambahan tujuh orang santri yang hasil tes usapnya menunjukkan positif COVID-19.

"Rinciannya empat santri yang ada di asrama pondok, sedangkan tiga orang lainnya adalah santri yang sedang pulang ke rumahnya," paparnya.

Menurut Rio (sapaan Kadinkes), tambahan pasien positif corona lainnya adalah tiga orang pasien suspek yang sedang rawat inap di RSUD Blambangan, serta penambahan kasus dari kontak erat pasien konfirmasi sebelumnya.

"Kami juga sudah menerima hasil adanya satu tenaga kesehatan asal Kecamatan Genteng yang terkonfirmasi positif dan yang bersangkutan sudah melakukan isolasi," tuturnya.

Rio terus mengimbau pentingnya penerapan protokol kesehatan, baik saat di rumah maupun saat beraktivitas di luar rumah, untuk mencegah transmisi lokal.

"Siapapun saat ini wajib waspada dan benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan baik karena kasus COVID-19 di Banyuwangi terus naik. Siapa pun sangat mungkin terinfeksi virus corona. Transmisi lokal sangat mungkin terjadi," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020