Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan Museum Korps Marinir TNI AL yang ada di Gedangan, Sidoarjo, bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui senjarah perjalanan jasa perjuangan prajurit.

"Wisata edukasi ini diharapkan mampu membangun karakter bagi anak muda dan dapat memberikan pemahaman akan esensi perjuangan dari seorang prajurit," kata Emil Dardak saat menghadiri peluncuran Museum Korps Marinir TNI AL di Sidoarjo, Kamis.

Ia mengatakan Korps Marinir TNI AL adalah elemen yang sangat penting untuk melindungi bangsa dan negara.

"Dengan adanya wisata ini, dapat dikatakan sebagai hiburan dan edukasi bagi masyarakat khususnya anak muda untuk melatih ketangkasan dan memahami esensi perjuangan dari seorang prajurit," ujarnya.

Wagub Emil Dardak juga berharap museum ini akan menjadi salah satu ikon di Jawa Timur. "Ingat Jawa Timur juga ingat Museum Korps Marinir," katanya.

Sementara itu, Komandan Korps Marinir TNI AL Mayor Jenderal TNI (Marinir) Suhartono menyampaikan bahwa adanya wisata edukasi ini untuk memberikan pemahaman bagi generasi muda tentang nilai-nilai perjuangan.

"Wisata ini dibangun untuk melengkapi museum yang ada di Jawa Timur sehingga generasi muda dapat mengenal nilai perjuangan para pendahulu kita dalam memperebutkan kemerdekaan dan Marinir menjadi salah satu komponen bangsa yang ikut mengawal perjalanan bangsa ini," kata Suhartono.

Ke depan, wisata ini akan dibuka untuk umum dan menjadi salah satu destinasi kebanggaan di Jawa Timur. "Kalau koleksi itu dibiarkan akan menjadi rusak, tetapi kalau ada museum akan terus dikenang dan bisa terawat dengan baik," katanya.

Ia mengatakan museum itu sendiri berisi beberapa alat tempur seperti tank, motor dan juga beberapa kendaraan tempur lainnya. "Selain itu, juga dilengkapi dengan sarana permainan ketangkasan dan strategi paint ball," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020